Kereta Api Airlangga

Kastara.ID, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan Kereta Api (KA) Airlangga yang melayani ruter Jakarta Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi. Peluncuran dilakukan secara resmi kemarin (1/10). Direktur SDM dan Umum PT KAI Agung Yunanto mengatakan, peluncuran KA Airlangga dimaksudkan guna meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan KAI.

Dalam keterangan terlulisnya (1/10), Agung menyatakan KA Airlangga dioperasikan setelah melihat animo masyarakat yang cukup besar untuk kembali menggunakan transportasi kereta api. Hal ini diyakini bakal memulihkan roda perekonomian masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan dalam keterangan terpisah (1/10) menyatakan, KA Airlangga hadir sebagai alternatif bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

Kata “Airlangga” yang dipilih sebagai nama kereta api tersebut berasal dari nama raja Kerajaan Kahuripan, salah satu kerajaan yang ada di Jawa Timur pada abad ke-11. Pusat pemerintahan Kerajaan Kahuripan diperkirakan saat ini berada di Kabupaten Sidoarjo, tak jauh dari Kota Surabaya.

KA Airlangga terdiri dari delapam gerbong kereta ekonomi dengan total 848 tempat duduk. Namun selama masa pandemi Covid-19, KA Airlangga hanya mengangkut maksimal 70 persen dari kapasitas normal. Hal ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 14 Tahun 2020. Sehingga KA Airlangga saat ini hanya bisa membawa 592 penumpang.

Tarif yang ditetapkan adalah Rp 49.000 untuk jarak kurang dari 290 kilometer (km) dan Rp 104.000 untuk jarak lebih dari 290 km. Jarak Jakarta-Surabaya diperkirakan sepanjang 780 km. Sehingga untuk rute tersebut penumpang harus membayar tiket dengan harga Rp 104.000. Tiket KA Airlangga dapat dibeli di aplikasi KAI Access, website KAI, loket, dan seluruh channel penjualan lainnya.

Jadwal keberangkatan KA Airlangga dari Jakarta adalah pukul 11.30 WIB dari Stasiun Pasar Senen dan tiba pukul 23.00 WIB di Stasiun Surabaya Pasar Turi. Sedangkan dari Surabaya, KA Airlangga berangkat pada pukul 12.35 WIB dari Stasiun Pasar Turi dan tiba pada pukul 00.10 WIB di Stasiun Jakarta Pasar Senen.

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen adalah pukul 11.30 dan tiba di Stasiun Pasar Turi pukul 23.00. Sedangkan keberangkatan KA Airlangga dari Stasiun Pasar Turi adalah pukul 12.25 dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 00.10. (ant)