Penyambungan Pipa Polyethylene

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT PGAS Solution akan mengadakan pelatihan kerja Penyambungan Pipa Polyethylene dan Penyambungan Pipa Galvanis.

Kolaborasi ini diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Kepala Dinas Nakertrans dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah dan Direktur Utama PT PGAS Solution, Erwin Simanjuntak, Selasa (2/11).

Andri mengatakan, pelatihan kolaborasi ini menyasar para pencari kerja di DKI Jakarta untuk dilatih supaya memiliki keterampilan dan keahlian sehingga dapat terserap di dunia kerja.

“Peserta nantinya juga berkesempatan berkesempatan menerapkan kompetensinya di proyek yang dikerjakan PT PGAS Solution,” ujarnya, usai prosesi penandatanganan nota kesepahaman kerja sama.

Andri menjelaskan, Pelatihan Kerja Penyambungan Pipa Polyethylene dan Penyambungan Pipa Galvanis akan dilaksanakan di empat lokasi yakni, Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur, Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI), Pusat Pengembangan Produktivitas Daerah (P3D) serta Pusat Pelatihan Kerja Khusus Pengembangan Las (PPKKPL).

“Sasaran peserta pelatihan adalah seluruh warga Jakarta ber-KTP DKI yang belum bekerja. Untuk pendaftaran bisa menghubungi Dinas Nakertrans dan Energi. Semua kegiatan pelatihan gratis dan dibiayai oleh PT PGAS Solution melalui program corporate social responsibility (CSR),” terangnya.

Andri mengatakan, melalui kolaborasi pelatihan kerja di bidang perpipaan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan para pencari kerja.

“Pelatihan kolaborasi ini tidak hanya di tahun ini, tapi juga di tahun 2022. Mudah-mudahan kegiatan kolaborasi ini tetap berlanjut dan bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Direktur Utama PT PGAS Solution, Erwin Simanjuntak menambahkan, kolaborasi pelatihan kerja Penyambungan Pipa Polyethylene dan Penyambungan Pipa Galvanis ini menjadi kerja sama kali pertama dengan Dinas Nakertrans dan Energi.

“Pendaftaran pencari kerja peserta pelatihan dilakukan oleh Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, sedangkan PT PGAS Solution akan memfasilitasi pelatihannya seperti trainer dan materi,” ucapnya.

Menurutnya, pelatihan akan berlangsung dalam lima batch untuk tahun ini dengan durasi tiga hari sampai satu minggu. Adapun jumlah peserta berkisar antara 10 sampai 20 orang per batch.

“Patihan rencananya akan dimulai pekan depan. Kita lihat animonya, kami sebagai perusahaan yang bergerak di sektor energi mengharapkan tenaga muda pencari kerja ini bisa mengikuti kesempatan untuk mendaftarkan sehingga langsung kami berikan pelatihan,” urainya

Ia menambahkan, selain pelatihan para peserta juga akan mendapat sertifikat kompetensi sebagai bekal di dunia kerja atau berwirausaha.

“Melalui adanya kerja sama ini para pencari kerja di Jakarta akan mendapat kesempatan untuk menambah ilmu dan keahlian sehingga mampu terserap di dunia kerja,” tandasnya. (hop)