HUTANG RI

Kastara.ID, Jakarta – Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosis mengidap kanker prostat. Hal tersebut dibenarkan Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan.

“Adalah benar bahwa Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Hal ini sesuai dengan diagnosa dari tim dokter yang menyebut Bapak SBY mengalami kanker prostat,” ujar Ossy dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/11).

Ossy menyampaikan, kanker prostat yang diidap SBY masih dalam stadium awal sesuai dengan hasil pemeriksaan melalui metode MRI, Spesific Membrane Antigen (SMA), Positron Emission Tomography (PET), dan lain sebagainya.

“Masih dalam tahapan (stadium) awal, sehingga tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk proses pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,” lanjutnya.

Lebih jauh, perihal penyakit ini SBY juga telah melaporkannya ke Presiden Joko Widodo. Respons baik pun diberikan untuk kesembuhan SBY.

“Presiden Jokowi telah memberikan respons yang baik dan menyampaikan terdapat satu atau dua anggota Tim Dokter Kepresidenan yang akan mendampingi pengobatan tersebut,” jelas Ossy. (ant)