Temanggung

Kastara.id, Temanggung – Bupati dan Wakil Bupati Temanggung dengan didampingi segenap FKPD meresmikan City Walk atau trotoar di Jalan Sudirman sepanjang 400 meter dan Taman Pancasila dengan selang waktu yang bersamaan, Selasa (2/1) malam.

Bupati Temanggung M. Bambang Sukarno menjelaskan bahwa peresmian Taman Pancasila dan City Walk di pusat kota Temanggung ini, menjadi awal dibangunnya taman-taman serupa pada tahun-tahun mendatang di setiap kecamatan.

Hal ini dimaksudkan, agar terdapat area publik yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan komunitas sebagai ajang menuangkan kreatifitas.

Sedangkan maksud dan tujuan dinamakan Taman Pancasila, karena dasar negara kita adalah Pancasila, diharapkan dengan penamaan ini, para generasi muda penerus bangsa selalu menjunjung tinggi nilai Pancasila dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan pembangunan Kabupaten Temanggung untuk menjadi lebih baik. “Mudah-mudahan tempat ini memberikan kenyamanan bagi generasi penerus Kabupaten Temanggung yang kita cintai Bersama,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Temanggung Pardiyono menjelaskan, pembangunan Taman Pancasila dan City Walk ini dilaksanakan oleh PT Anvemi, dengan dana Rp 3,3 miliar untuk Taman Pancasila dan Rp 1,4 miliar untuk pembangunan City Walk, yang diambil dari dana APBD tahun 2017.

Tugu Pancasila ini mempunyai nilai histori tersendiri, jika mengetahui dahulunya adalah tempat serbaguna dan merupakan titik 0 (nol) kilometer, yang dari dulu tidak pernah berubah, yang merupakan titik awal dari Temanggung sampai Wonosobo dan ke Sumowono, yang telah tercatat secara resmi di Provinsi Jawa Tengah.

“Sedangkan Tugu Pancasila ini memiliki makna tersendiri dengan ketinggiannya yaitu 17 bagian, kemudian ada angka 8 diberikan, dan 45 lambang daun tembakau, yang merupakan makna dari tanggal Kemerdekaan Indonesia. Diharapkan masyarakat selalu dapat mengenang momentum tersebut,” katanya. (jok)