Headline

Senator Minta Keluarga, Lingkungan, dan Sekolah Siaga Cegah Penculikan Anak

Kastara.ID, Jakarta — Belakangan ini, isu penculikan anak mencuat kembali di berbagai daerah. Isu ini semakin hangat terutama karena tersebar masif lewat berbagai platform media sosial sehingga membuat para orang tua dan pihak sekolah resah. Tentunya, ramainya isu penculikan ini harus disikapi dengan bijak yaitu tidak panik atau takut berlebihan tetapi harus selalu meningkatkan kewaspadaan terutama di saat anak tidak bersama orang tua atau keluarga misalnya saat di perjalanan pulang sekolah atau saat bermain di luar rumah.

Anggota DPD RI yang juga pemerhati anak Fahira Idris mengungkapkan, cara efektif menutup ruang terjadinya aksi penculikan anak adalah membangun sebuah sistem pencegahan terutama di keluarga, kampung atau lingkungan (RT/RW) dan sekolah. Sistem pencegahan ini merupakan bentuk kewaspadaan dan kesiagaan yang berlapis dan saling melengkapi untuk menutup ruang terjadinya penculikan anak.

Untuk mencegah kepanikan atas maraknya isu penculikan anak ini, lanjut Fahira, semua pihak harus berkolaborasi menutup celah terjadinya penculikan anak. Kewaspadaan dan kesiagaan untuk mencegah penculikan anak harus  dimulai dari keluarga, kemudian tingkat lingkungan (kampung atau RT/RW) dan juga di sekolah.

“Keluarga harus mempunyai sistem mitigasi sendiri untuk memastikan anak tidak lepas dari pengawasan. Begitu juga dengan kampung, lingkungan atau RT/RW yang mana semua warga juga harus berkolaborasi memastikan anak-anak yang ada lingkungan bermain dengan aman atau dalam pengawasan. Sekolah juga berkolaborasi dengan orang tua membuat sistem yang disepakati bersama-sama untuk memastikan siswa saat pulang sekolah berada dalam pengawasan orang tua atau keluarga. Jadi baik keluarga, lingkungan, dan sekolah harus siaga” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (2/2).

Menurut Fahira, Keluarga Siaga adalah benteng pertama dan utama mencegah penculikan anak. Orang tua harus menanamkan pemahaman kepada anak bahwa tidak boleh berinteraksi dengan orang yang tidak kenal, kapanpun dan di manapun. Keluarga juga yang harus memastikan anak selalu dalam pengawasan baik oleh orang tua sendiri maupun anggota keluarga yang lain atau orang yang dipercaya terutama saat berada di luar rumah.

Sementara kampung, lingkungan atau RT/RW Siaga akan melengkapi pengawasan keluarga terutama saat anak-anak bermain di sekitar rumah. Karena tidak semua orang tua bisa mengawasi anak-anak disebabkan harus bekerja atau ada keperluan lain maka tetangga atau warga di lingkungan bersepakat bersama saling menjaga anak-anak yang ada di lingkungannya masing-masing. Kampung Siaga juga bisa dimanifestasikan dengan bergotong royong memperbanyak CCTV di lingkungan masing-masing dan menyusun langkah-langkah jika ada anak yang dalam masa waktu tertentu tidak terlihat atau hilang dari pemantauan.

“Sekolah juga bisa bersepakat dengan orang tua misalnya dalam membuat aturan soal penjemputan untuk memastikan anak aman hingga sampai rumah. Di sisi lain, kepolisian di berbagai level menyediakan saluran atau pengaduan khusus jika ada orang tua ada kelompok masyarakat yang melaporkan kasus anak hilang tanpa harus harus menunggu 1 x 24 jam,” pungkas Senator Jakarta ini. (dwi)

Leave a Comment

Recent Posts

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…