Kastara.ID, Termas de Rio Hondo – Lap pertama pembalap Prancis, Fabio Quartararo pada balapan MotoGP Argentina, Ahad (2/4) kemarin, terganggu karena mengalami kontak dengan pembalap Jepang, Takaaki Nakagami.

Pembalap Monster Energy Yamaha itu terpaksa melebar di Tikungan 7 setelah disentuh Nakagami pada lap pembuka balapan basah di Termas.

Imbasnya, posisi Quartararo terjun bebas hingga posisi ke-16. Perlahan dia dapat mengambil beberapa posisi lagi namun sudah terlambat untuk menuai hasil maksimal.

Pada akhir balapan Quartararo hanya finis ke-7. Dan yang lebih menyecewakan Quartararo adalah Nakagami lolos dari hukuman.

Dia mempertanyakan FIM Stewards Panel yang tidak memberikan penalti kepada pembalap satelit LCR Honda Idemitsu itu.

“Tidak, saya tidak mengerti apa yang mereka lakukan,” papar Quartararo soal penalti steward terhadap Nakagami yang dilansir Autosport.com.

“Saya menyaksikan balapan Moto3: Ayumu di Tikungan 5 melakukan overtake yang benar-benar bersih, tapi dia sedikit menyentuh (pebalap lain dan mendapat penalti), di mana di MotoGP kami melakukannya sepanjang waktu.

Dia (Sasaki) mendapat penalti turun satu posisi dan dia (Taka) baru saja menghancurkan balapan saya di satu tikungan dan tidak mendapatkan apa-apa. Saya tidak tahu, masih orang yang sama yang melakukan hal-hal ini,” tandas Quartararo kesal dan kecewa.

Seperti disiarkan DAZN, Quartararo menekankan bahwa Nakagami selalu berlebihan di lap pertama.

“Taka selalu tertinggal di lap pertama, dan itu membuat pembalap berisiko. Dengannya selalu sama, dia selalu melakukan hal-hal gila,” imbuh El Diablo.

Kontak dengan Nakagami sangat merugikan Quartararo, karena dirinya yakin bisa bersaing dengan rekan setimnya, Franco Morbidelli untuk merebut lima besar andai tak ada insiden tersebut. (tra)