Plaza Stasiun Manggarai

Kastara.ID, Jakarta – Jumlah pelanggan Rute 6M Transjakarta di Halte Manggarai mengalami kenaikan hingga 18 persen. Peningkatan mulai terjadi pasca-perubahan pola operasi perjalanan KRL terkait Switch Over ke-5 (SO5) di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan.

Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Iwan Samariansyah mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi peningkatan jumlah penumpang. Sejak Senin (30/5) lalu, pihaknya menambah sebanyak lima unit armada pada rute 6M (Manggarai-Blok M).

“Selain itu, kita maksimalkan layanan yang ada pada rute 4 (Pulogadung-Tosari), 4B (Stasiun Manggarai-UI) dan 4D (Pulogadung-Kuningan),” ujarnya dalam keterangannya (2/6).

Dikatakan Iwan, berdasarkan data Transjakarta rute Manggarai-Blok M (6M) pada Selasa, 31 Mei 2022 tercatat mengangkut pelanggan sebanyak 1.146 orang. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 18 persen dibanding periode sebelumnya, Selasa 24 Mei 2022 sebanyak 966 orang.

“Kenaikan juga terjadi di tiga rute lainnya. Antusiasme ini membuktikan penyesuaian yang kita lakukan efektif dalam membantu penumpang kereta dari Stasiun Manggarai melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan,” tambahnya.

Menurut Iwan, sejauh ini arus pelanggan di Halte Manggarai berjalan dengan baik dan tidak ada penumpukan mengingat waktu tunggu diberlakukan setiap 5 (lima) menit. Selain itu, pelanggan juga terpantau patuh terhadap semua peraturan protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

“Terima kasih pada semua karyawan dan pelanggan yang saling memahami satu sama lain. Kami akan terus memastikan seluruh pelanggan terlayani dengan baik, aman dan nyaman hingga pola operasi normal kembali,” tandasnya. (hop)