Fokus Depok

Monev Komisi Informasi Jabar ke Diskominfo Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Upaya memastikan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Komisi Informasi Jawa Barat (Jabar) melakukan Monitoring dan Evauasi (Monev) ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Kunjungan ini juga untuk memastikan implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Tujuan kedatangan kami, untuk melakukan Monev pelaksanaan KIP. Mulai dari penyerahan kuisioner dari Badan Publik, masa sanggah dan visitasi ke lapangan untuk mengkroscek seluruh data yang disampaikan kepada komisi informasi,” ujar salah satu Tim Independensi Monev KIP Jabar Neni Nurhayati, usai melakukan Monev di Diskominfo Kota Depok, seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Rabu (3/11).

Dikatakannya, pihaknya juga melihat kreativitas dan inovasi dari Badan Publik dalam hal ini Diskominfo Kota Depok, serta memilih secara acak PPID yang tersebar di masing-masing dinas. Sambungnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) menjadi instansi yang dipilih secara acak oleh tim Monev Provinsi Jabar untuk dilihat kesiapan dan kelengkapan datanya.

“Kita spontan saja untuk memilih salah satu PPID yang berada di dinas-dinas yang tersebar. Usai dari Diskominfo kita akan mengunjungi Dinkes guna melihat kelengkapan data maupun informasi yang dimiliki,” terangnya.

Senada dengan itu, PPID Pembantu Diskominfo Kota Depok, Tinte Rosmiati menjelaskan, terdapat beberapa sarana media sosial yang digunakan PPID Kota Depok dalam membantu penyebaran informasi. Antara lain website, Depok Single Window (DSW), Sigap, Lapor, dan yang terbaru yaitu rencana Podcast Pemkot.

“Podcast Pemkot masih rencana. Inovasi kami yaitu DSW. Kami berharap kedatangan tim ini dapat membantu kami meningkatkan kinerja dalam pengimplementasian Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008,” tutupnya. (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…