Anul, sapaan Ichwanul Muslimin,  mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

“Terima kasih kepada KMSPJ yang sudah memberikan penghargaan. Semoga ini menjadi motivasi bagi saya untuk lebih baik ke depan,” ujar Anul, dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11).

Ia juga mengajak, aktivis dan media juga harus menjadi kontrol sosial yang memberikan kritik bersifat membangun kepada pemerintah.

“Silakan saja rekan-rekan mengkritik karena pemerintah sebenarnya tidak anti, tapi dengan catatan, kritik yang membangun, dengan bahasa baik agar semuanya bisa tersampaikan,” ungkapnya.

Anul juga mengaku bersyukur dengan kebersamaan dari seluruh anggota DPRD DKI sehingga kebijakan dalam mendorong pemerintah daerah melaksanakan pembangunan bisa berjalan.

“Semoga masyarakat merasakan manfaat,” ungkapnya.

Diketahui, memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta (KMSPJ) memberikan penghargaan kepada para tokoh, pemuda, pejabat dan masyarakat lain yang berkontribusi, berprestasi dan berperan aktif dalam membangun Jakarta, serta menjadi inspirasi bagi generasi muda.

“Penghargaan ini dinamakan Jakarta Youth Award 2023. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2010 dan dilakukan secara rutin setiap tahun hingga sekarang,” kata Presidium KMSPJ, Farah Irma Nurmala.

Farah menjelaskan, banyak tokoh, pemuda, pejabat, dan masyarakat lain di Jakarta telah mendapatkan penghargaan tersebut dari latar belakang yang berbeda.

“Tahun ini, sebanyak 10 penerima Jakarta Youth Award 2023. Semoga menambah motivasi bagi para penerima dalam menjalankan aktivitasnya,” jelasnya.

Tim Seleksi mengusulkan 65 orang, yang akhirnya berhasil tersaring menjadi 10 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi dan layak memenuhi kriteria mendapatkan Jakarta Youth Award 2023.

Sekadar diketahui ke sepuluh penerima Jakarta Youth Award 2023 berdasarkan abjad adalah: Aldwin Rahadian (Pengacara), Andri Yansyah (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Arlyana Abubakar (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta), Fajar Alvarisi (Founder Bale Buku Jakarta), Ichwanul Muslimin (Anggota DPRD DKI Jakarta), Khoirul Azwan Alfatih Gumelar (Atlet Sky Air DKI Jakarta), dan Rifdha Irfanalutfi (Atlet Senam DKI Jakarta).

Selanjutnya, Ketua PMI Jakarta Utara Rijal, Lurah Kembangan Selatan Jakarta Barat RM. Pradana Putra, serta Penemu Hak Paten  Produk Pangan Untuk Lansia Wawan Saepul Irwan.

Koalisi Masyarakat Sipil Untuk Pemuda Jakarta terdiri berbagai lembaga, yakni Jakarta Monitoring Network (JMN), Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika Jakarta), Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition), Komunitas Peduli Pendidikan Jakarta (KPPJ), Lembaga Pengembangan Peran Serta Masyarakat (LP2SM), Masyarakat Pemantau Olahraga Jakarta (MPOJ), Komunitas Reyog Ponorogo (KRP), Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ), Partisipasi Pengembangan Masyarakat (P2M), dan Jakarta Public Service (JPS). (hop)