Dokter

Kastara.ID, Jakarta – Di tengah melonjaknya kasus Covid-19, terdapat sejumlah dokter yang ikut terpapar. Hal ini diungkap Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), M Adib Khumaidi.

Adib menyebut data jumlah dokter yang terpapar Covid-19 sedang dikumpulkan, namun beberapa laporan di internal IDI sudah banyak yang melaporkan dokter yang melakukan isolasi.

“Nakes terpapar itu kami sudah minta datanya, laporan dari beberapa daerah memang sudah ada, di DKI Jakarta dan Tangerang beberapa dokter sudah mulai terpapar, tapi ahamdulillah kondisinya masih tanpa gejala dan gejala ringan, belum ada yang gejala berat, tapi berapa jumlah dokter yang terpapar belum kita dapatkan,” kata Adib dalam diskusi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Jumat (4/2).

Adib mengimbau seluruh dokter dan tenaga kesehatan untuk kembali meningkatkan kedisiplinan untuk mengenakan alat pelindung diri lengkap karena pandemi mulai memasuki gelombang ketiga.

“Kami ingatkan kembali ke teman-teman karena sudah mulai lagi ada pasien-pasien Covid-19 soalnya,” ucap Adib.

“Jadi walaupun kita sudah divaksin bukan berarti kita bebas tidak pakai masker sehingga kita tidak terpapar, kita masih bisa terpapar,” tegas Adib. (ant)