Ramadan

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris mengungkapkan, ada lima komitmen yang diperbarui oleh seorang Mukmin di bulan suci Ramadan. Pertama adalah komitmen iman.

“Allah SWT menyeru orang-orang beriman sekaligus mengingatkan status mereka melalui firmannya: Wahai orang-orang beriman…. Iman adalah kemantapan hati, ketegasan pengucapan dan pembuktian dengan amal-amal dan kegiatan. Esensi Iman tersebut manusia diingatkan untuk selalu diperbaharui,” ujar Mohammad Idris dalam tausiahnya yang dimuat situs resmi Pemkot Depok (3/4).

Kedua, komitmen Syariat atau Ajaran Islam. Dikatakan Mohammad Idris bahwa Shaum atau puasa merupakan perintah yang wajib ditaati dan dilaksanakan sesuai mekanisme yang dijelaskan Allah SWT. Puasa bagi musafir, orang sakit, orang tua renta dan sebagainya merupakan bagian dari komitmen syariat yang diperbaharui di Bulan Ramadan.

Ketiga, Komitmen Kitab Suci. Komitmen berinteraksi dengan Al Quran juga turut diperbaharui di Ramadan dengan cara membaca, memahaminya, dan mengamalkan isinya.

“Seakan Allah SWT menyapa hamba-Nya beriman bahwa kalian memiliki pedoman hidup berupa kitab suci yang Aku turunkan kepada kalian, maka hendaknya menjadi atensi kalian kepada Al Quran,” jelasnya.

Keempat, Komitmen Doa. Dikatakannya, Allah SWT sangat menyukai Hamba-Nya yang berdoa.

“Hendaknya perbanyak doa kepada Allah, bermohonlah kepada-Nya untuk keselamatan bangsa dan kekuatan negara khususnya dan juga umat manusia pada umumnya,” ucapnya.

Kelima, Komitmen Ketahanan Keluarga. Hal ini diisyaratkan Allah SWT bahwa pada malam hari Ramadan dihalalkan berhubungan intim dengan pasangan hidup keluarga, ketika i’tikaf pun tetep perhatian kepada keluarga.

“Demikian renungan ayat-ayat puasa yang terkandung dalam QS Al Baqarah 183-187. Semoga bermanfaat,” pungkasnya. (dha)