Kastara.ID, Sukoharjo – Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel mengatakan, tidak ada masyarakat atau anggota kepolisian yang menjadi korban pada peristiwa ledakan bom bunuh diri di Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran 2019 di Tugu Kartasura, Polres Sukoharjo, Senin (3/6). Ledakan yang terjadi sekitar pukul 23.00 WIB itu hanya melukai pelaku  bernama Rofik Asharuddin (RA).

Rycko menuturkan, saat kejadian di Pospam Tugu Kartasura terdapat tujuh anggota Polres Sukoharjo. Namun karena sedang sibuk mengatur lalu lintas arus mudik mereka terhindar dari serangan bom tersebut.

Sementara itu RA, terduga pelaku bom bunuh diri, saat ini sudah dibawa ke RS Bhayangkara Semarang. RA mengalami sejumlah luka di kaki dan tangan. Selain itu ditemukan pula sisa bahan peledak dibeberapa bagian tubuh RA.

Rycko menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan penyelidikan kasus ini. Salah satunya dengan menggeledah rumah RA yang berjarak tiga kilometer dari tempat kejadian perkara (TKP). Namun Rycko enggan menjelaskan secara detail hasil penggeledahan tersebut.

Sebelumnya, terjadi sebuah ledakan yang  di Pospam Lebaran 2019 di Tugu Kartasura, Polres Sukoharjo, Senin (3/6) pukul 23.00 WIB. Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Triatmadja mengatakan, diduga ledakan tersebut adalah bom bunuh diri. (rya)