Superhero

Kastara.ID, Palembang – Hal unik dilakukan jajaran Kodim 0402/Ogan Komering Ilir (OKI) untuk membantu mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, yaitu dengan menghadirkan tokoh komik Spiderman, Wiro Sableng, Thor, dan superhero di tengah kesibukan aktivitas Pasar Kayuagung.

Hal itu disampaikan Kapendam II/SWJ Kolonel Inf Djohan Darmawan dalam rilisnya, Palembang, Rabu (3/6).

Diungkapkan Kapendam, berbagai aktivitas dan kegiatan dilakukan satuan jajaran Kodam II/Swj untuk membantu pencegahan penyebaran Virus Corona.

“Seperti di Kodim 0402/OKI, menggelar penegakkan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Ogan Ilir, salah satunya di Pasar Kayuagung,” ujar Djohan.

Menurut Djohan, untuk kali ini, anggota Kodim OKI melakukan inovasi berbeda dari sebelumnya. “Anggota yang terlibat, untuk menarik masyarakat yang sedang beraktivitas di pasar, mereka menggunakan kostum Superhero,” kata Djohan.

“Ini penting, karena di tengah hiruk pikuk pasar harus ada obyek yang menarik dan dapat memusatkan perhatian warga,” imbuhnya.

Senada dengan Djohan, saat dikonfirmasi Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah mulai dilakukan beberapa hari yang lalu dan ini merupakan bagian dari pencegahan dan pemutusan mata rantai Covid-19 di wilayah Kabupaten OKI.

“Sengaja kita buat sedikit berbeda yakni dengan menggunakan kostum Superhero, ada Spiderman, Thor, Wiro Sableng, dan beberapa lainnya. Ini dilakukan agar masyarakat lebih tertarik terutama anak-anak, agar mematuhi dan mendengarkan anjuran petugas,” kata Dandim.

Selain di Pasar Shopping, lanjut Dandim, ada beberapa lokasi pasar lainnya di wilayah Kabupaten OKI yang akan dilaksanakan hal serupa, di antaranya yakni pasar Lempuing, pasar Lempuing Jaya, pasar Tulung Selapan, pasar Mesuji, dan pasar Cengal Kabupaten OKI.

Danramil Kayuagung Kapten Inf Widodo juga menjelaskan bahwa kegiatan penegakan disiplin ini bertujuan untuk mengimbau masyarakat yang sedang berbelanja maupun berjualan di pasar Shopping Kayuagung untuk tetap mematuhi anjuran pemerintah dengan melaksanakan protokol kesehatan.

“Kita imbau agar tetap menggunakan masker, mencuci tangan sesudah beraktivitas dan menjaga jarak. Namun apabila tidak terlalu penting, masyarakat kita imbau agar tetap di rumah saja,” ujar Widodo.

Menurut Widodo, kegiatan penegakan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan Covid-19, akan dilaksanakan selama satu bulan ke depan dan masyarakat diminta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kita harapkan pandemi Covid-19 dapat segera berakhir di bumi Bende Seguguk yang kita cintai ini dan kehidupan menjadi normal kembali,” pungkasnya. (wepe)