Kastara.id, London – Standard Chartered Bank (SCB) yang bekerja sama dengan Organisasi Internasional bagi Pencegahan Kebutaan (IAPB) melalui program ‘Seeing is Believing’ meluncurkan tahap ketiga Proyek Dana Inovasi (Innovation Fund) untuk memperluas empat proyek yang sudah berjalan serta membantu enam proyek baru.

Dana Inovasi yang diluncurkan sejak 2013 bertujuan untuk mendorong tumbuhnya inovasi-inovasi yang dapat memberikan dampak positif terhadap perawatan mata di negara-negara yang penduduk berpenghasilan rendah dan menengah. Pada tahap ketiga ini ada bebrapa negara yang sudah menjadi target yaitu Indonesia, Bangladesh, Botswana, Tanzania, serta wilayah bagian barat Cina.

Pada tahap pertama proyek ini telah mampu mendorong munculnya beberapa inovasi yang signifikan, di antaranya pengembangan teknologi smartphone dalam membantu pengecekan mata di lokasi lokasi terpencil di Kenya dan India. Juga pembangunan infrastruktur berkualitas untuk pelatihan jarak jauh secara online di Afrika, pengembangan peralatan portable dan berbiaya rendah untuk operasi katarak serta pembuatan model mata buatan yang realistis bagi pelatihan bedah di Tanzania.

Melalui Gloucestershire Hospitals NHS Foundation Trust, Indonesia menjadi salah satu negara penerima dana untuk proyek pelatihan online bagi tenaga kesehatan dalam meningkatkan kualitas perawatan mata dengan laser bagi pasien retinopati diabetik atau penyakit mata yang disebabkan diabetes bersama dengan Bangladesh, Botswana, dan Tanzania.

Pada tahap ketiga ini bank telah mempersiapkan dana lebih dari 1 juta US dolar termasuk 550.000 US dolar bagi enam proyek baru untuk menangani beragam permasalahan kebutaan yang dapat dihindari seperti International Centre for Eye Health (ICEH), Fred Hollows Foundation, Peek Vision Foundation, John Hopkins University, Aurolab, The Centre for Sustainable Healthcare.

Tiga proyek yang telah dimulai pada tahap pertama yaitu Gloucestershire Hospitals NHS Foundation Trust,  Gloucestershire Hospitals NHS Foundation Trust in partnership with Lifeline Express, dan Fred Hollows Foundation, akan menerima dana tambahan sebesar USD 370.000 agar ketiga proyek tersebut dapat terus dikembangkan, baik untuk kelanjutan penelitian maupun peningkatan skala operasional.

Proyek tambahan yang dipimpin oleh Sightsavers dan para peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, akan didanai secara khusus sebesar USD 100.000 oleh Bank. Proyek ini dibangun berdasarkan sebuah proyek yang didanai pada tahap pertama untuk meningkatkan pengobatan laser siklotode transcleral sebagai prosedur pilihan untuk glaukoma di Nigeria.

Sumbangan khusus ini merupakan komitmen pendanaan Bank sebesar USD 100 juta untuk Seeing is Believing sekaligus sebagai bentuk penghormatan atas kontribusi Sir John Peace, mantan Chairman Standard Chartered Bank. “Saya sangat bangga sekaligus bahagia salah satu proyek didanai oleh Dana Inovasi dari Seeing is Believing atas nama saya. Saya sangat optimis bahwa proyek ini akan berdampak positif untuk jangka panjang bagi pasien glaukoma di Afrika,” kata John dalam siaran persnya. (koes)