Kastara.ID, Silverstone – Inggris telah sukses menggelar balapan Formula 1 di Sirkuit Silverstone beberapa pekan yang lalu. Dan akhir pekan ini Inggris akan menggelar balapan MotoGP di sirkuit yang sama.

Untuk mengantisipasi kemungkinan unjuk rasa dan protes ilegal dari kelompok Just Stop Oil, kepolisian Inggris telah mengatur strategi pengamaman dan menurunkan banyak personel.

Balapan tahun ini akan dijaga tekat oleh polisi, baik yang berseragam maupun dengan pakaian bebas yang menyamar.

“Sama banyaknya waktu dan upaya yang dilakukan untuk mengawasi MotoGP seperti halnya Grand Prix Formula 1 Inggris, dengan perencanaan cermat yang sama dan pendekatan ‘tidak ada kebutuhan bisnis yang terlewat’ yang diadopsi,” ungkap Detektif Inspektur Richard Tompkins yang dilansir Crash.net.

“Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun memimpin operasi kepolisian untuk acara ini, dan setiap tahun membawa tantangan tersendiri. Dengan acara olahraga Inggris lainnya yang menjadi sasaran protes ilegal, kami tidak boleh berpuas diri,” jelasnya.

“Akan ada banyak polisi di dalam dan di sekitar sirkuit dan komunitas yang lebih luas selama tiga hari, termasuk petugas berseragam dan berpakaian preman, PCSO, staf polisi, anjing polisi, polisi khusus, kendaraan spesialis, dan sukarelawan, yang akan sekali lagi didukung oleh rekan-rekan dari pasukan tetangga. Bekerja sama dengan penyelenggara acara, layanan darurat lainnya, dan agensi mitra, prioritas kami adalah memastikan bahwa siapa pun yang ingin melakukan kejahatan, baik di tempat Silverstone atau di area sekitarnya, gagal. Akhirnya, dengan lebih dari 100.000 pasang mata ekstra (penonton) di tempat tersebut selama tiga hari, kami ingin bantuan dari masyarakat untuk memastikan bahwa setiap orang yang menghadiri acara perlombaan meninggalkan daerah tersebut dengan pengalaman bebas kejahatan, aman, dan menyenangkan,” tandasnya.

MotoGP Inggris akan berlangsung selama tiga hari akhir pekan ini di Sirkuit Silverstone sekaligus menjadi seri pembuka paruh kedua musim 2023.

Sebelumnya beberapa pekan lalu, Sirkuit Silverstone telah sukses menggelar ajang balap Formula 1 dengan penonton yang sangat membludak.

Di seri F1 Inggris, juga hadir mega bintang Hollywood, Brad Pitt dan rombongan yang meramaikan balapan untuk kepentingan syuting film bertema F1. (tra)