Kedutaan Besar Republik Indonesia Canberra

Kastara.id, Canberra – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja bilateral ke Australia pada akhir pekan ini. “Kita bersyukur berada di kawasan geografi yang aman dan damai. Oleh karena itu, Indonesia harus terus menjaga hubungannya dengan negara tetangga berdasarkan trust agar hubungan baik dengan negara tetangga kita menjadi abadi,” ujar Menkeu dalam sebuah resepsi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Canberra sebagaimana dikutip dari akun facebook-nya pada Ahad (4/11) waktu setempat.

Ia menuturkan bahwa kunjungannya ke Australia kali ini mengingatkannya pada saat pertama kali menjadi Menkeu satu dekade silam. Menkeu bercerita bahwa waktu itu kunjungannya ke Australia dimanfaatkan untuk belajar dari sisi proses bisnis, organisasi, dan tata kelola dari pemerintah Australia.

“Kunjungan ini juga mengingatkan ketika saya menjadi Menteri Keuangan yang pertama kali. Untuk dapat melaksanakan UU Keuangan Negara yang saat itu baru selesai diundangkan, saya mengajak beberapa pejabat Kementerian Keuangan ke Australia untuk belajar bagaimana mengelola keuangan negara dengan baik dan transparan. Kami belajar dari sisi proses bisnis, organisasi, dan tata kelolanya agar dapat sesuai dengan standar yang berlaku di dunia,” jelasnya.

Menkeu juga menambahkan, untuk tidak perlu malu belajar dari negara lain yang sudah maju dan bisa belajar dari pengalaman negara tersebut. “Saya tidak malu untuk belajar dari negara lain yang sudah maju. Kita bisa belajar banyak dari negara lain yang sudah berpengalaman. Saat itu saya banyak bertanya pada Menteri Keuangan Australia Peter Costello,” jelasnya.

“Kita tidak bisa memilih negara mana yang menjadi tetangga kita, tapi kita bisa memilih untuk saling meningkatkan hubungan dengan baik sehingga memberikan keuntungan bagi kedua negara,” pungkas Menkeu di akhir unggahannya. (mar)