Dinas LH

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta mengerahkan 800 Aparatur Sipil Negara (ASN) serta 12.000 Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) untuk melaksanakan kerja bakti rehabilitasi pasca banjir di 390 RW.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, pihaknya juga mengerahkan 1.400 truk sampah, 200 alat berat berbagai jenis, 50 unit road sweeper atau penyapu jalan otomatis, dan 100 pikap lintas.

“Kami turunkan hampir seluruh kekuatan, baik personel dan sarana untuk membantu korban banjir membersihkan kampung dan rumahnya,” ujarnya, Ahad (5/1).

Andono menjelaskan, sampah-sampah yang terkumpul selanjutnya akan dibuang menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.

“Kerja bakti ini bertujuan membantu warga yang terdampak banjir. Seluruh personel kami bergabung dengan instansi lain termasuk warga itu sendiri untuk mengembalikan kebersihan lingkungan seperti semula,” tandasnya.

Untuk diketahui, ada 390 RW dari total 2.742 RW di Jakarta yang terdampak banjir. Saat ini, sebanyak 330 RW dipastikan sudah terbebas dari genangan. (hop)