COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 81.064 tenaga kesehatan (nakes) di Jakarta sudah diberikan vaksin COVID-19 dosis pertama. Dinas Kesehatan DKI Jakarta terus menjalin kerja sama dengan organisasi profesi, institusi pendidikan kesehatan, organisasi atau asosiasi rumah sakit hingga klinik agar program vaksinasi bagi nakes berlangsung sukses.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, berdasarkan data sejak 14 Januari-3 Februari 2021 sudah ada 78.260 nakes yang divaksin COVID-19.

“Kemarin ada penambahan 2.804 nakes yang mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Istora Senayan, Jakarta Pusat,” ujarnya, Jumat (5/2).

Widyastuti menjelaskan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga melakukan vaksinasi bagi nakes secara reguler di 511 pos vaksinasi yang tersebar di DKI Jakarta selain vaksinasi secara massal seperti yang berlangsung di Istora Senayan. Tujuannya, untuk mempercepat realisasi vaksinasi dosis pertama bagi nakes yang ditargetkan selesai pertengahan Maret 2021 mendatang.

“Ada 511 pos vaksinasi, vaksinator sudah ada, sarana dan prasarana vaksin juga sudah siap,” terangnya.

Ia menambahkan, bagi tenaga kesehatan yang belum belum mendapatkan vaksinasi bisa segera menghubungi puskesmas kecamatan terdekat atau tempat di daerah mereka bertugas.

“Tim kami siap memberikan layanan, baik mereka yang datang ke puskemas, atau kalau dalam jumlah yang banyak di suatu rumah sakit swasta yang memang belum mendapatkan layanan silakan berkoordinasi dan kita siap turun ke rumah sakit tersebut untuk memberikan layanan,” tandasnya. (hop)