COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Layanan call center Tim Tanggap COVID-19 selalu siap melayani warga yang membutuhkan informasi terkait Corona Virus Disease selama 24 jam. Sejak 27 Januari-4 Maret 2020, layanan call center telah melayani pemberian informasi kepada 2.348 warga.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, telepon maupun Whatsapp yang masuk rata-rata sekitar 20 sampai 40 penanya setiap harinya sebelum adanya pengumuman kasus positif COVID-19 di Indonesia.

“Begitu diumumkan, tanggal 2 Maret 2020 sebanyak 997 penanya rinciannya 279 melalui telepon dan 721 pesan Whatsapp. Kemudian pada 3 Maret mencapai 993 penanya, rinciannya 396 melalui telepon dan 597 melalui pesan Whatsapp. Ada peningkatan,” ujarnya, Kamis (5/3).

Widyastuti menjelaskan, menyikapi semakin banyaknya warga yang memerlukan informasi terkait COVID-19, saat ini sebanyak 70 Aparatur Sipil Negara (ASN) muda lintas SKPD dari formasi pengangkatan tahun 2019 direkrut menjadi front liner di call center.

“Puluhan ASN yang masuk dalam Tim Tanggap COVID-19 ini dibagi menjadi tiga sif untuk memberikan layanan 24 jam di layanan call center 112, 119, dan 081388376955,” terangnya.

Ia menambahkan, pihak yang menghubungi di antaranya warga DKI Jakarta dan luar Jakarta yang menanyakan info atau edukasi, laporan dugaan kasus dari masyarakat dan fasilitas kesehatan, perusahaan baik pengusaha mal, gedung, apartemen, taman hiburan atau wisata, hotel, dan lain-lain, kemudian rumah sakit yang menanyakan alur/SOP/alat pelindung diri (APD).

“Ada juga warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang menghubungi kami untuk mengetahui langsung perkembangan terkini dan informasi seputar COVID-19 di Jakarta,” tandasnya. (hop)