Calon MenPAN-RB

Kastara.ID, Jakarta – Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo yang telah wafat tentunya harus dari PDI Perjuangan (PDIP). Sebab Tjahjo berasal dari PDIP.

Demikian diungkapkan M Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Poitik Universitas Esa Unggul Jakarta, kepada Kastara.ID, Selasa (5/7) pagi.

Jamil pun menyebut peluang Hasto Kristiyanto memang relatif besar menggantikan Tjahjo. Sebab, Hasto selain dekat dengan Megawati Soekarnoputri, juga salah satu petinggi PDIP yang belum mendapat jabatan di eksekutif.

“Hanya saja, latar belakang Hasto tampaknya kurang pas untuk menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Hal itu tentunya akan menyulitkan Hasto untuk meminpin kementerian tersebut. Padahal, di kementerian ini perlu dipimpin sosok kompeten di bidangnya agar aparatur negara dan birokrasi dapat dibenahi lebih cepat dan terarah,” papar Jamil.

Karena itu, Jamil lebih melihat Tri Rismaharini yang lebih mumpuni untuk menggantikan Tjahjo. Kelayakan Risma karena memang ia punya pengalaman sebagai Wali Kota Surabaya dan Menteri Sosial.

“Dengan pengalaman tersebut, Risma setidaknya sudah memahami birokrasi daerah dan pusat, termasuk profesionalisme ASN. Bekal tersebut akan memudahkannya untuk membenahi ASN dan birokrasi,” imbuh Jamil yang juga mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta ini.

Selain itu, Risma juga sosok yang disiplin. Bekal tersebut dapat membuat Risma membuat regulasi untuk mendisiplinkan ASN.

Jadi, daripada Hasto tampaknya PDIP lebih baik mengajukan Risma untuk.menggantikan Tjahjo. “Pilihan itu akan diambil bila PDIP memang menginginkan menterinya sosok yang kompeten di bidangnya,” pungkasnya. (dwi)