Beranda Betawi

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta Wahyu Haryadi meresmikan Beranda Betawi di Kantor Sudin Pusip Jakarta Barat di Jalan Tanjung Duren Barat, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dikatakan Wahyu, keberadaan Beranda Betawi secara khusus untuk menampilkan koleksi maupun ciri khas budaya Betawi di masing-masing wilayah DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan, ini menambah keliterasian budaya Betawi di Jakarta Barat, terutama dalam mengoleksi ciri khas yang ada di Jakarta Barat. Misalnya, tentang buah-buahan, makanan dan minuman, atau koleksi keliterasian,” ujar Wahyu (4/8).

Kepala Sudin Pusip Jakarta Barat Ahmad Yani menuturkan, Beranda Betawi dilengkapi buku tentang Betawi, mulai dari kuliner, tokoh, budayawan dan sebagainya. Pihaknya juga akan mengembangkan Beranda Betawi menjadi pusat pengembangan literasi betawi seperti lomba mendongeng Betawi dan lain lain.

Kemudian menjadi titik kumpul komunitas Betawi, sehingga bisa mendapatkan masukan, saran untuk mengembangkan literasi budaya Betawi. Saat ini baru ada 64 judul buku, namun ke depan pihaknya akan terus melengkapi koleksi buku.

“Harapan kami ini bisa menjadi etalase tentang budaya Betawi, serta titik kumpul komunitas Betawi dan melengkapi koleksi buku digital serta bisa memenuhi harapan kaum milenial,” tandasnya. (hop)