AFP Periksa Fakta

Kastara.ID, Jakarta – Warganet dikejutkan dengan unggahan di laman media sosial Twitter. Pasalnya unggahan di akun twitter @AFPperiksafakta menampilkan foto Presiden Jokowi yang meneteskan air mata saat mengunjungi lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau beberapa saat lalu. AFP Periksa Fakta adalah tim editorial berbahasa Indonesia dari kantor berita internasional Agence France-Presse atau AFP News Agency yang berpusat di Prancis.

Dalam cuitan yang diunggah pada Kamis (3/10), AFP Periksa Fakta menyebut foto Jokowi meneteskan air mata adalah hasil editan atau palsu. AFP Periksa Fakta yakin foto aslinya tidak memperlihatkan Jokowi meneteskan air mata. Terlebih pada cuitannya AFP Periksa Fakta juga menyertakan foto asli yang tidak terlihat air mata di bawah kelopak mata Jokowi.

AFP Periksa Fakta menyebut foto Jokowi yang ditelitinya bersumber dari unggahan di akun Facebook milik Kementerian Sekretariat Negara RI pada 17 September 2019. Tampilan foto tersebut juga mirip dengan foto serupa yang diunggah akun Facebook Denpasar Info. Namun pada unggahan Denpasar Info tidak terlihat adanya tetesan air mata.

Unggahan tersebut segera mendapat respons beragam dari warganet. Umumnya menyesalkan mengapa sampai harus melakukan cara-cara seperti itu dalam mendongkrak citra Jokowi. Bahkan pemilik akun @opposite6890 menuliskan cuitan, “Sudahilah Dramamu Itu, Malu Sama Umum.” Cuitan AFP Periksa Fakta tersebut hingga saat ini sudah disukai atau like sebanyak 2300 netizen dan diretwit sebanyak 1700 kali. (rya)