Kastara.id, Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ternyata sempat blusukan ketika ribuan massa sedang mengepung Istana Presiden. Demonstran meminta kepolisian segera mengusut kasus penistaan agama yang melibatkan Ahok.

Padahal Koordinator Tim Kampanye Bidang Sosialisasi Kampanye Merry Hotma sempat memastikan Ahok tidak blusukan saat aksi damai Jumat (4/11) kemarin. “Hari ini (Jumat) Pak Ahok sebetulnya ada acara keluarga, sehingga tidak ada agenda kampanye,” kata Merry.

Menurut Merry, seperti yang dilansir tempo.co, selain blusukan sebetulnya Ahok harus memenuhi undangan Partai Golkar ke Kepulauan Seribu Jumat itu. Namun semua undangan dibatalkan untuk memenuhi acara keluarga. “Ada acara keluarga yang penting yang tidak bisa ditinggalkan oleh Pak Ahok,” katanya.

Namun pada Jumat (4/11) pukul 11.00 ternyata Ahok kedapatan tengah blusukan ke Jalan Muara Karang Elok, Penjaringan, Jakarta Utara, dengan mobil Jeep Rubicon abu-abu bernomor pelat B 2008 RFS. Agenda blusukan itu sempat tidak diketahui media manapun, baik media online, cetak, ataupun elektronik.

Namun beberapa stasiun televisi, yang tengah mengecek kondisi pengamanan di Pantau Mutiara, berhasil menangkap momen blusukan Ahok. Sementara, media lain tidak sempat mengendus kegiatan tersebut karena memang tidak diketahui media.

Dalam blusukan itu, Ahok sempat menyapa warga soal fasilitas umum trotoar yang layak untuk pejalan kaki. Ia juga mengomentari konstruksi trotoar khusus parkiran yang tidak memadai. Kondisi di lapangan, trotoar terlalu tinggi dan tak bisa dipergunakan.

Secara garis besar blusukan yang dilakukan di sekitar perumahannya ini berjalan dengan baik. Tidak ada tanda-tanda penolakan dari masyarakat setempat. Sementara beberapa hari lalu, sejumlah penolakan terjadi saat ia tengah blusukan. (raf)