Edhy Prabowo

Kastara.ID, Jakarta – Luhut Binsar Pandjaitan seharusnya mengklarifikasi tudingan keterlibatannya dalam bisnis PCR. Klarifikasi secara langsung diperlukan untuk membersihkan namanya kalau memang ia merasa tidak terlibat.

Demikian disampaikan M Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul Jakarta kepada Kastara.ID, Jumat (5/11).

“Karena rumor keterlibatan Luhut dalam bisnis PCR sebenarnya sudah lama terdengar. Hanya saja tidak ada yang berani mengungkapnya melalui media karena khawatir dikriminalisasi,” terang pengamat yang kerap disapa Jamil ini.

Menurutnya, kalau hal itu tidak cepat diklarifikasi, maka tudingan tersebut akan semakin cepat berkembang di masyarakat. Bahkan isu tersebut dapat berkembang menjadi bola liar yang dapat berpengaruh kepada kepercayaan masyarakat kepada Luhut dan pemerintahan Jokowi.

“Klarifikasi sebaiknya tidak melalui juru bicara Luhut. Klarifikasi seperti ini kerap kurang dipercaya masyarakat,” imbuhnya.

Jadi, menurut Jamil yang juga mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta ini, Luhut yang seharusnya langsung mengklarifikasi tudingan tersebut. “Hal itu akan dapat memulihkan reputasi dan citra diri Luhut bila memang isu yang menerpa dirinya tidak benar,” tandasnya. (dwi)