Hoaks

Kastara.ID, Jakarta – Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga memastikan flayer rencana acara Miss Waria Banten di Gedung Catur, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang tersebut hoaks.

“Sesuai dengan hasil klarifikasi yang langsung dilakukan boleh Polres Serang. Maka kami dapat pastikan, bahwa informasi dalam selebaran tersebut hoaks tidak benar. Dan klarifikasi terhadap tiga orang. dua di antaranya nomor teleponnya yang ada di selembaran itu, mereka terganggu dengan adanya informasi yang dimaksud, tidak pernah tahu apa peristiwanya dan nama mereka di catut dalam lembaran itu,” katanya (4/11).

Shinto mengungkapkan juga telah mengklarifikasi kepada pemilik gedung dan telah memastikan bahwa acara yang dimaksud tidak ada. “Kemudian terkait dengan pemilik gedung, itu juga sudah diklarifikasi, menyatakan tidak pernah ada orang atau waktu-waktu tertentu pelaksanaan kegiatan yang dimaksud,” bebernya.

Shinto menegaskan, informasi hoaks tersebut telah mengganggu ketertiban umum, karena menimbulkan keresahan bagi masyarakat, untuk itu penyidik Polres Serang akan mencari siapa pelaku penyebaran informasi tersebut.

“Tentu saja ini mengganggu ketertiban umum, karena ada keresahan karena ada reaksi dari masyarakat setempat. Untuk itu penyidik dari Satreskrim Polres Serang akan melakukan langkah-langkah memeriksa sampai dengan mengetahui mencari siapa pelaku yang menyebar informasi ini,” pungkasnya. (ant)