Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, sebanyak 31 armada Mikrotrans JakLingko 77 beroperasi setiap hari untuk melayani warga pengguna moda transportasi massal.

“Armada mikrotrans JakLingko 77 beroperasi di sepanjang jalan dari Terminal bus Tanjung Priok hingga Kali Item dengan panjang lintasan layanan sekitar 24 kilometer dan waktu tempuh 120 menit Pulang Pergi (PP),” ujar Syafrin Liputo, Ahad (5/11).

Ia menjelaskan, pengoperasian puluhan armada JakLingko 77 ini telah mempertimbangkan headway lima menit pada peak hour, serta 10 menit di offpeak hour.

“Sistem pengoperasian puluhan mikrotrans rute Tanjung Priok – Kali Item ini telah sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang ditetapkan di dalam Peraturan Gubernur No 13 Tahun 2019,” tegasnya.

Menurut Syafrin, bila dilihat dari jumlah armada yang beroperasi dan panjang lintasan Mikrotrans rute JakLingko 77 sudah memadai. Namun, pihaknya tetap akan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala seputar kinerja layanannya.

“Monitoring dan evaluasi dilakukan dalam rangka meningkatkan jumlah warga beralih dari kendaraan bermotor pribadi ke moda transportasi massal di Jakarta,” tandasnya. (hop)