Infrastruktur

Kastara.ID, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-75, sesuai dengan arahan Menteri PUPR bahwa seluruh unit organisasi yang ada dilingkungan PUPR baik Balai maupun SNVT yang ada di seluruh daerah untuk mengadakan penghijauan pada infrastruktur yang dibangun oleh Kementerian PUPR.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi 1 melalui SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo mengajak para pegawai Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo yang menghuni Rumah Susun ASN BPKP Provinsi Gorontalo untuk menanam pohon dan buah-buahan.

Merawat lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik besok. Maka dari itu, kegiatan Penghijauan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kelestarian tanaman lingkungan sekitar.

“Kami mengajak para penghuni Rumah Susun BPKP untuk mensukseskan kegiatan Penghijauan Pada Infrastruktur PUPR di lingkungan Rusun ASN BPKP,” ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo Kementerian PUPR Alwi Mahdali melalui siaran pers yang diterima Sabtu (5/12).

Kegiatan Penghijauan penanaman pohon di Rusun BPKP ini dihadiri Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo dan para pegawai SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo. Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.00 WITA, Kamis (3/12), setelah Upacara Hari Bakti PUPR yang bertempat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Gorontalo.

Lebih lanjut, Alwi mengharapkan kepada user atau yang menghuni rumah susun ini khususnya ASN BPKP untuk dapat melanjutkan penghijauan di area landscape rumah susun serta adanya pemeliharaan yang baik terhadap bangunan rumah susun beserta lingkungannya.

Sebagai informasi, Rusunawa BPKP Provinsi Gorontalo ini dibangun Kementerian PUPR pada tahun 2019 lalu dan berlokasi di Jalan Tinaloga Desa Toto Utara, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango. Bangunan vertikal tipe 36 terdiri dari satu tower blok setinggi tiga lantai berjumlah 42 unit dan mampu menampung kurang lebih 168 orang. Bangunan ini mulai difungsikan pada tahun ini dengan digunakan oleh Pegawai BPKP yang bertugas di Provinsi Gorontalo.

“Terkait kegiatan penghijauan dalam rangka Hari Bakti PUPR Ke-75 ini, kami bersama SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo, sudah menanam berbagai jenis tanaman di antaranya buah sirsak, jambu mete, nangka, pohon tanjung dan pucuk merah, dan rencananya ke depannya kami akan lebih banyak lagi menanam pohon terutama nanti yang bisa dikonsumsi oleh penghuni Rusun yaitu buah-buahan,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Jetro P. Sagala di sela-sela kegiatan. (mar)