Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI) Provinsi DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Perkumpulan Penyelenggaraan Jasaboga Indonesia (PPJI) Provinsi DKI Jakarta menggelar pameran di gedung Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

PPJI Expo 2022 bertema “Glamour dan Luxurious” diselenggarakan pada tanggal 5 hingga 6 Februari mendatang dan merupakan ajang sarana bagi pelaku industri kreatif di bidang jasa boga dan pernikahan.

Kegiatan pameran digelar atas kolaborasi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Dinas Kebudayaan dan PPJI Provinsi DKI Jakarta dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki.

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyakini penyelenggaraan PPJI Expo 2022 mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor usaha penyelenggara acara pernikahan khususnya katering.

Ia juga mengapresiasi inisiasi PPJI Provinsi DKI Jakarta di masa pandemi, namun tetap semangat menggerakkan perekonomian.

“Selama dua tahun tidak mudah karena seluruh kegiatan termasuk acara pesta dan  perkawinan yang menjadi bisnis utama PPJI cukup terganggu disebabkan penerapan PPKM. Tapi, saya senang semangat pelaku usaha UKM makanan dan minuman tidak luntur dan memiliki daya tahan yang luar biasa,” ujar Teten Masduki (5/2).

Ia juga berharap PPJI berperan sebagai agregator bagi para pelaku UMKM, khususnya bagi para anggotanya serta pemerintah juga akan terus mendorong kuliner nusantara masuk pasar dunia.

“Kami berharap kerja sama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah,  asosiasi serta berbagai pihak terus dijaga. Bagi peserta pameran, diharapkan melalui kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk jejaring dan mempromosikan produk dan jasa. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta yang sangat mendukung PPJI Expo 2022,” paparnya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutan secara virtual menyampaikan selamat atas diselenggarakannya PPJI Expo 2022.

Seperti diketahui, industri kuliner khususnya penyelenggara jasa mengalami tantangan luar biasa pada masa pandemi yang disebabkan adanya pembatasan interaksi.

“Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta menyambut baik pameran ini sebagai ajang pelaku industri kuliner untuk menunjukkan karya terbaik. Semoga selama masa pandemi, ada banyak terobosan yang muncul. Sekali lagi selamat atas terselenggaranya PPJI expo 2022. Salam hangat dari Balai Kota Jakarta,” katanya.

Ketua PPJI DKI Jakarta, Siti Djumiadini menambahkan, sebanyak 43 vendor event pernikahan terdiri dari jasa katering, tata rias, tata busana dan dokumentasi ikut dalam pameran ini.

“Alhamdulillah, berkat dukungan Pemprov DKI Jakarta, PPJI Expo 2022 dapat digelar dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” tandasnya. (hop)