Headline

Komisi C DPRD dan Pemprov Bahas Tarif MRT dan LRT

Kastara.ID, Jakarta – Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemprov DKI, menggelar pembahasan besaran tarif Moda Raya Terpadu (MRT) dan Light Rail Transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT).

Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Santoso mengatakan, pembahasan penting dilakukan karena menyangkut subsidi yang akan diberikan Pemprov DKI Jakarta pada MRT dan LRT agar tarif yang ditetapkan nanti tidak membebani masyarakat.

“Pembahasan juga menyangkut subsidi yang akan diberikan pemprov nanti. Kami ingin tarif tidak membebani masyarakat, sehingga mereka mau menggunakan transportasi massal,” ujar Santoso, Rabu (6/3).

Pada rapat pembahasan ini, Plt Kepala Biro Perekonomian DKI M Abas memaparkan, Pemprov DKI mengusulkan tarif Rp 10.000 untuk MRT fase 1 rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sementara untuk LRT rute Kelapa Gading-Velodrome, tarif yang diusulkan Rp 6.000.

Dia menjelaskan, untuk penerapan besaran tarif ini pemprov harus menggelontorkan subsidi dari APBD untuk MRT sebesar Rp 21.659 per penumpang, sedangkan untuk LRT Rp 35.655 per penumpang.

“Estimasi jumlah penumpang pada 2019 untuk MRT yakni 65.000 per hari dan untuk LRT 14.255 penumpang per hari,” jelas Abas.

Terkait subsidi dan besaran tarif yang diusulkan pemprov ini, Komisi C DPRD akan mendalami terlebih dahulu dan membahasnya secara internal dengan Komisi B.

“Jadi kami belum bisa memutuskan langsung hari ini. Kami upayakan hasilnya akan final sekitar pertengahan Maret sebelum operasional MRT dan LRT,” tandas Santoso. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…