Minyak Goreng

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pencairan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng segera dilakukan sebelum Lebaran. Selain BLT, bantuan lainnya seperti program keluarga harapan (PKH) bisa disalurkan pada pekan ini.

Penyataan tersebut disampaikan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, sebagaimana dilihat dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4).

“Yang berkaitan dengan bantuan sosial, saya harapkan baik PKH dan lain-lain plus yang kemarin itu ada BLT minyak goreng bisa disalurkan secepat-cepatnya sebelum lebaran tiba,” ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, tentunya akan lebih baik apabila penyaluran bantuan sosial bisa rampung dalam waktu pekan depan. Sebab, bantuan yang diberikan pemerintah tentunya sangat berarti bagi masyarakat.

“Bukan apa-apa, mungkin kita tuh enggak merasakan, tapi Rp 300 ribu bagi rakyat pas mau lebaran dapet itu, rasanya saya bisa merasakan betul itu senangnya. Kalau bisa memegang uang itu, yang bisa dipakai untuk membeli minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah akan mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng untuk masyarakat kurang mampu. Program BLT ini bakal dicairkan pada April 2022. Total penerima bantuan mencapai 23 juta orang.

Terkait hal ini, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran Rp 6,9 triliun untuk pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng atau BLT pangan selama tiga bulan ke depan. (ant)