Era Baru

Kastara.ID, Jakarta – Keputusan Gubernur DKI Jakarta yang mengizinkan rumah ibadah kembali dibuka menuai banyak pujian. Warganet pun mengapresiasi langkah tersebut dan menyebut Anies lebih mementingkan urusan akhirat daripada dunia.

Pemilik akun @RAgust23 menuliskan “Gubernur pinter lebih penting urusan akhirat daripada dunia.” Pemilik akun @irwanstanjung dalam cuitan yang diunggah pada Kamis (4/6) itu justru mengaitkannya dengan Pilpres 2024. Menurutnya, kebijakan tersebut menjadi salah salah satu daya pikat Anies untuk dikedepankan pada 2024.

Warganet pun membandingkan keputusan Anies itu dengan langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang lebih suka membuka mal dan pasar terlebih dahulu. Pemilik akun @old_soldier1023 mengatakan, “Kalau asli islam yah gini..kalau islam saat mau pilpres sholat ngadep kamera yah milih mall..tau kan bedanya kwalitas pemimpinnya.”

Sedangkan pemilik akun @WongDes90513142 dalam cuitan yang diunggah pada Jumat (5/6) mengatakan, “Bedanya jauh banget. Kayaknya antara Bumi dan Langit. Yang satu gak jelas, yang satu lagi lebih kepada ketaatan. Padahal ketaatan dulu.” Pemilik akun @e2oliHhZSkBYTFc menyebut, “Tidak semua Muslim butuh MAL tetapi semua MUSLIM selalu butuh MASJID.”

Seperti diketahui, saat mengumumkan perpanjangan PSBB di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6), Anies menegaskan rumah ibadah sudah diizinkan kembali dibuka. Sehingga kegiatan peribadatan bisa kembali dilaksanakan. Meski demikian Anies menekankan para pengurus rumah ibadah wajib menaati protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengatakan bahwa pembukaan masjid dan rumah ibadah lainnya menandai dimulainya masa transisi di ibukota. Anies menambahkan, pada pekan ketiga Juni 2020 barulah pihaknya akan membuka pusat perbelanjaan atau mal.

Kebijakan tersebut dinilai bertolak belakang dengan langkah yang diambil Jokowi. Pasalnya dalam berbagai kesempatan Jokowi selalu menyebut pembukaan mal sebagai bagian dari rencana program new normal. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai pembukaan mal akan membangkitkan kembali perekonomian.

Bahkan beberapa saat lalu, Jokowi menyempatkan diri meninjau langsung kesiapan pembukaan Sumarecon Mall Bekasi. Acara yang berlangsung pada Selasa (26/5) itu sempat menimbulkan kehebohan. Pasalnya tersiar kabar Jokowi bakal segera membuka kembali pusat perbelanjaan di Kota Bekasi itu.

Namun kabar itu segera dibantah President Director Summarecon Adrianto P Adhi. Menurutnya Jokowi datang untuk memastikan kesiapan Sumarecon Mall dalam menghadapi tatanan hidup baru atau new normal. Sumarecon Mall Bekasi sendiri disebutkan bakal beroperasi secara bertahap mulai 8 Juni 2020. (ant)