UIII

Kastara.id, Jakarta – Proses pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang berlokasi di Cimanggis, Depok, terus berjalan. Peletakan batu pertama pembangunan kampus ini telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal Mei 2018.

Laporan progres pembangunan UIII ini disampaikan panitia saat bertemu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Komaruddin Hidayat selaku pimpinan rombongan pembangunan UIII, menyampaikan perlu adanya akselerasi atau percepatan kerja terhadap progress pembangunan UIII tersebut.

“Perlu kami laporkan kepada Pak Menteri, progress pembangunan UIII. Kita membutuhkan akselerasi, percepatan kerja karena waktunya sudah dekat untuk realisasi,” kata Komaruddin Hidayat di Jakarta, Jumat (6/7).

Menurut Komaruddin, pembangunan UIII ini merupakan agenda kebangsaan dan peradaban bangsa Indonesia. Untuk itu, lanjutnya, jangan sampai masuk pada isu-isu politik saat ini. “Kami jaga betul, ini program untuk peradaban bangsa,” tegas Komaruddin.

Menag Lukman menyambut baik kunjungan panitia pembangunan UIII. Dengan pertemuan ini, Menag Lukman dapat mengetahui perkembangan yang sudah berjalan. “Harus dipastikan alokasi anggarannya dan pastikan multiyears, karena tanpa multiyears tidak mungkin,” kata Menag.

Terkait kurikulum pada UIII, Menag Lukman menganggap ini persoalan serius selain bangunan fisik. Untuk itu, Menag Lukman meminta agar semua panitia yang terlibat dalam pembangunan UIII ini membahasnya secara serius.

“Terkait kurikulum, ini serius selain bangunan fisik. Ini harus melibatkan kalangan yang lebih luas, agar tidak ada permasalahan di kemudian hari,” tegas Menag.

“Sosialisasikan UIII lebih massif lagi,” tambah Menag.

Karo Umum Syafrizal menyampaikan bahwa proses pelelangan konsultan pembangunan UIII sedang berjalan. Lelang konstruksinya juga semoga bisa segera ditayangkan di LPSE. “Lelang konstruksi minggu ini akan ditayangkan,” kata Syafrizal.

Hadir dalam pertemuan tersebut Dirjen Pendis Kamaruddin Amin, Karo Hukum dan Kerjasama Luar Negeri Achmad Gunaryo, dan Amsal Bahtiar. Sementara dari pihak panitia pembangunan UIII ada Chaidir Bamualim, Kaharuddin, Dadi Darmadi, Didin Syafruddin, dan M Nurhidayat. (sah)