Suzuki Jimny 2018Suzuki Jimny 2018. (zigwheels.com)

Kastara.id, Jakarta – Suzuki Jimny generasi terbaru telah diperlihatkan dalam sebuah acara tertutup di Jepang. Kabarnya, Suzuki Motor Corporation akan meluncurkan generasi terbaru Suzuki Jimny pada bulan Juli tahun ini juga.

Jika melihat sosok yang sempat diperlihatkan, banyak perubahan dilakukan pada mobil legenda asal negeri Sakura ini. Simak saja mulai dari eksterior bagian depan hingga belakang, serta interior. Termasuk soal sistem sasis maupun suspensi yang kerap dijadikan topik pembicaraan.

Nah, menariknya, di jajaran generasi terbarunya kali ini juga akan ikut dihadirkan varian Jimny Sierra. Varian ini sebelumnya hanya dihadirkan Suzuki pada generasi keduanya. Kabarnya, Jimny Sierra bakal memiliki dimensi dan mesin yang lebih besar.

Jika menilik sosok Jimny generasi terbaru, keseluruhan desainnya sangat retro. Unsur desain Jimny ‘jangkrik’ kembali terlihat kental di mobil ini. Demikian pula dengan desain grille depan vertikal dipadu dua lampu lampu bulat hadir kembali dan terlihat kaku.

Over fender-nya tampilkan kesan off-roader. Ciri khas Jimny juga semakin kental di bagian belakang lewat bumper tipis yang dikombinasi lampu belakang berdesain sederhana.

Pada pintu belakang, ban cadangan tetap kokoh terpasang. Platform ladder frame-nya membuatnya tangguh di segala medan.

Jika menilik interiornya, Jimny terbaru mengusung dashboard kotak dan tegak yang klasik, plus pegangan tangan untuk penumpang. Walau begitu, sentuhan modern juga disematkan pada desain ventilasi AC yang membulat, dipadu layar multimedia yang modern di bagian tengah.

Pencinta Jimny juga akan disuguhi desain setir ala Jimny klasik dengan ciri khas palang tiga dan tombol klakson besar di tengah. Untuk beberapa varian kabarnya sudah dibekali tombol pengatur sistem multimedia.

Desain kabin yang minimalis dan fungsional masih dipertahankan oleh Suzuki. Terlihat pada bodi bagian dalam yang tanpa lapisan trim. Joknya pun cukup warna hitam berbahan kain.

Di Jepang sendiri, Suzuki Jimny masuk dalam kategori Kei Car (mobil kecil) yang mendapatkan insentif pajak dari pemerintah Jepang. Mesinnya pun hanya berkapasitas 660 cc untuk memenuhi regulasi Kei Car.

Memang menarik untuk menunggu kehadiran Suzuki Jimny 2019 yang akan hadir dengan dua pilihan mesin yaitu turbocharged 660 cc untuk varian standar dan 1.500 cc untuk varian Sierra. Kedua tipe mesin bensin tersebut sama-sama memiliki konfigurasi tiga silinder yang masing-masing menghasilkan tenaga 63bhp dan 100bhp. Mesinnya dipadu dengan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Generasi pertama: LJ10 (1970)
Jimny generasi pertama memulai debutnya sebagai compact 4WD satu-satunya di segmen mobil mini SUV pada tahun 1970. Dimensi yang kecil namun kekuatannya dapat diandalkan. Kehadiran Jimny mendapat apresiasi tinggi dari pengguna profesional dan juga dari pengguna awam.

Generasi kedua: SJ30 (1981)
Bentuk desainnya padat-persegi dengan interior lebih lapang. Generasi kedua ini menjadi fenomenal karena desainnya cocok untuk perkotaan dan off-road. SJ30 juga dikenal dengan sebutan Gipsy. Kemampuan off-road dan kualitas bodinya membawa Jimny semakin dikenal di kejuaraan off-road internasional.

Generasi ketiga: JB33 (1998)
Jimny memperkenalkan kemewahan dan kecanggihan barunya. Lekuk bodinya lebih aerodinamis. Wheelbase-nya juga lebih panjang dengan suspensi rigid yang kaku. Stabilitas dan kemampuan manuvernya menjadi lebih baik di jalan aspal dan off-road, sehingga tetap populer selama dua dekade terakhir.

Suzuki Jimny generasi ke-4 (2018)
Tampil dengan gaya retro sekaligus penyempurnaan dari pendahulunya, Suzuki Jumny tampil lebih modern, namun tetap menjadi mini-SUV dua pintu sekaligus mempertahankan konstruksi ladder frame-nya yang dikenal handal di jalur off-road. (yan)