Kastara.ID, Depok – Enam kelurahan di Kota Depok menjadi wilayah dengan sebaran kasus baru Covid-19 terendah yaitu hanya satu kasus. Hal tersebut berdasarkan data terbaru yang dikeluarkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Depok per tanggal 5 Juli 2021 sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok.

Keenam kelurahan tersebut ialah Kelurahan Pengasinan, Kelurahan Kemiri Muka, dan Kelurahan Depok Jaya. Lalu Kelurahan Bojongsari Baru dan Bojong Pondok Terong dengan masing-masing memiliki satu kasus baru Covid-19.

Selanjutnya, sebaran kasus baru Covid-19 terendah diikuti oleh Kelurahan Limo dan Kelurahan Cipayung Jaya dengan dua kasus baru. Kemudian Kelurahan Tirtajaya, Kelurahan Pondok Jaya, Kelurahan Mampang, dan Cisalak Pasar masing-masing memiliki tiga kasus.

Selain itu, juga terdapat data dengan sebaran kasus baru terbanyak di Kota Depok, yaitu Kelurahan Grogol dengan 130 kasus. Disusul Kelurahan Sukatani 100 kasus dan Kelurahan Harjamukti 97 kasus. Kemudian Kelurahan Sukamaju 85 kasus dan Kelurahan Curug 74 kasus.

Berikutnya Kelurahan Sukamaju Baru 73 kasus, Kelurahan Duren Mekar 46 kasus, Kelurahan Ratu Jaya 38 kasus, Kelurahan Abadi Jaya 37 kasus, serta Kelurahan Bedahan 37 kasus.

Data ini bersifat fluktuatif atau dapat berubah setiap harinya. Untuk itu, dalam upaya memutus mata rantai Covid-19, Pemkot Depok terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan melalui 6M dengan memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, mengurangi mobilisasi dan interaksi, serta menghindari makan bersama.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup. (dha)