Maimoen Zubair

Kastara.ID, Makkah – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku teramat sedih atas kehilangan dan kepulangan sosok ulama, orang tua dan guru yaitu almarhum, almagfurllah, almukarom KH Maimoen Zubair di Makkah hari ini. Menag mengajak kepada seluruh umat Islam di Tanah Air agar bisa mendoakan beliau dan menunaikan shalat gaib atas wafatnya almarhum.

“Kita sunguh sangat kehilangan, beliau adalah orang tua kita, guru kita, pembimbing dan penuntun kita. Saya ingin mengajak segenap umat muslim di Indonesia khususnya para murid beliau dan pengikutnya untuk mengiklaskan kepergian beliau. Kita boleh sangat terpukul, bersedih hati atas kehilangan dan saya memohon kita semua untuk mengikhlaskan,” ujar Menag Lukman Hakim dengan mata berkaca kaca, Selasa (6/8).

“KH Maimoen Zubair wafat secara husnul khotimah dan marilah kita mendoakan mudah-mudahan segala kesalahan dan kekhilafanya diampuni Allah SWT dan diterima segala amal kebajikan dan pada pada akhirnya Allah menempatkan beliau di tempat yang sebaik baiknya,” sambung Menag.

Menurut Menag, saat ini jenazah masih berada di rumah sakit menunggu proses penyelesaian administrastif dan menurut rencana jenazah disemayamkan di kantor Daker Makkah.

“Mudah-mudahan ini masih terus kita ikhtiarkan. Kami juga mendapat informasi dari pihak keluarga dan kerabat bahwa kemungkinan besar beliau akan dimakamkan di Makkah dengan pertimbangan beragam,” kata Menag.

“Kita memang kehilangan beliau namun pasti banyak hikmah di balik kepulangan beliau, mudah-mudahan murid dan santrinya akan banyak yang menggantikan peran beliau selama ini di kehidupan masyarakat,” tandas Menag. (put)