Mbah Moen

Kastara.ID, Jakarta – Innalillahi wainnailaihi rajiun, kabar duka datang dari Tanah Suci Makkah. Ulama kharismatik Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimoen Zubair dikabarkan meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini mengatakan, Pimpinan Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah itu meninggal pada Selasa (6/8).

Helmy menjelaskan, dirinya mendapat kabar meninggalnya Mbah Moen, sapaan KH Maimoen Zubair, dari Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah PBNU KH Abdul Ghafarrozin. Namun Helmy belum bisa memberikan keterangan lebih rinci terkait wafatnya salah satu tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Hal serupa diungkapkan Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi yang mengabarkan Mbah Moen telah wafat di Tanah Suci Makkah. Kyai sepuh kelahiran Sarang, Rembang tersebut wafat pada usia 90 tahun. Mbah Moen diketahui lahir pada 28 Oktober 1928.

Sementara itu pihak Ponpes Al Anwar belum bisa memberikan keterangan secara rinci terkait meninggalnya Mbah Moen. Kediaman Mbah Moen di dalam kompleks Ponpes Al Anwar masih tampak tertutup. Namun kemungkinan besar Mbak Moen bakal dimakamkan di Makkah.

Hal ini diketahui setelah ada pengumuman yang disampaikan melalui masjid Ponpes Al Anwar. Pihak ponpes meminta para santri untuk melaksanakan sholat ghoib pada Selasa (6/8) setelah shalat maghrib. (rya)