Headline

Sholat Jumat Batal Karena Saat Khotbah Menag Tak Baca Sholawat

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terus menuai kontroversi. Setelah wacana pelarangan cadar, kini Fachrul tersandung masalah khotbah Jumat. Saat menjadi khotib sholat Jumat di Masjid Istiqlal, Jakarta (1/11), Fachrul ternyata tidak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Tindakan itu menuai reaksi sejumlah pihak.

Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Nahdlatul Ulum, Kresek Tangerang, KH Imaduddin Utsman menegaskan, tindakan Fachrul itu membuat sholat Jumat tidak sah atau batal. Pasalnya membaca sholawat adalah salah satu rukun khotbah Jumat.

Saat berbicara pada Senin (4/11) lalu, Imaduddin menjelaskan bahwa ada lima rukun khotbah Jumat, yakni hamdalah, sholawat, wasiat takwa, doa untuk mukminin, dan membaca Al Qur’an. Jika salah satu rukun tersebut tidak dilaksanakan, khotbahnya tidak sah. Akibatnya menurut Imaduddin sholat Jumatnya pun jadi batal.

Itulah sebabnya Wakil Katib Syuriah Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama (PWNU) Banten ini menyarankan jemaah yang mengikuti sholat Jumat bersama Fachrul Razi melaksanakan qodo sholat Dzuhur. Hal ini untuk menggantikan sholat Jumat yang batal.

Imaduddin juga meminta Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Istiqlal tidak sembarangan menentukan khotib sholat Jumat. Jangan karena seorang pejabat lalu dengan mudah ditunjuk menjadi khotib. Pasalnya hal itu mengakibatkan sholatnya tidak sah. Apalagi bacaan arabnya tidak standar dan tidak memenuhi hukum tajwid. (put)

Leave a Comment

Recent Posts

Menjodohkan Anies-Ahok di Pilgub Jakarta?

Kastara.ID, Jakarta - Banyak tokoh nasional yang diwacanakan potensial maju pada Pilgub Jakarta 2024. Soal…

Meninjau Langsung Lokasi Banjir di RT 04 RW 08 Kelurahan/Kecamatan Cipayung

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan banjir di Jembatan Kali Pesanggrahan…

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…