Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Sebuah indeks yang dirilis Numbeo membuat peringkat kota-kota di dunia dari sisi keamanan. Semakin tinggi peringkat sebuah kota di indeks tersebut semakin tinggi pula tingkat kerawanan atau kriminalitasnya. Artinya kota tersebut semakin tidak aman atau berbahaya.

Dikutip dari ABC, Ibukota Indonesia, Jakarta, berada di peringkat 92 dengan indeks kriminalitas 54,26. Sedangkan wilayah Indonesia yang lain, Bali, berada di peringkat 133 dengan indeks kriminalitas 47,66. Peringkat Jakarta dan Bali, lebih rendah jika dibandingkan tiga kota di Malaysia.

Kota terbesar Malaysia, Kuala Lumpur, berada di peringkat 34 dengan indeks kriminalitas 66,21. Dua kota di Malaysia lainnya, Petaling Jaya dan Johon Bahru masing-masing berada diperingkat 62 dan 78 dengan indeks kriminalitas 68,28 dan 56,82. Artinya Jakarta jauh lebih aman dibandingkan Kuala Lumpur.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 287 warga Jakarta, 66 persen mengaku merasa aman saat berjalan di siang hari. Namun yang mengaku aman saat berjalan di malam hari hanya 34,77 persen. Sedangkan di Bali, rasa aman berjalan kaki justru dirasakan pada malam hari. Pada siang hari warga yang mengikuti survei mengaku merasa kurang aman.

Dalam indeks tersebut, Ibukota Venezuela, Caracas, menjadi kota paling berbahaya. Kekhawatiran warga Caracas akan tindak kriminal, seperti perampokan, pencurian atau mendapat serangan mencapai 45 hingga 50 persen. Indeks kriminalitas di Caracas mencapai 84,92. Peringkat kedua kota paling berbahaya ditempari Port Moresby, Ibukota Papua Nugini.

Sedangkan dua kota di Australia, yakni ibukota negara bagian Northern Territory, Darwin dan Townsville di negara bagian Queensland memiliki angka kriminalitas yang lebih tinggi dibandingkan Jakarta dan Bali. Darwin berada di peringkat 50 dan Townsville berada di peringkat 65. Kekhawatiran utama warga Darwin adalah tindakan perusakan mobil dan kekerasan fisik.

Beberapa kota di Afrika Selatan seperti Pietermaritzburg, Pretoria, Durban, dan Johanesburg masuk dalam 10 besar kota-kota yang memiliki angka kriminalitas yang tinggi. (har)