Tabungan Monas Pelajar Bank DKI

Kastara.ID, Jakarta – PT Bank DKI dipercaya oleh Yayasan Beasiswa Jakarta sebagai mitra kolaborator penyaluran dana hibah sebesar Rp 13,47 miliar dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang disalurkan melalui rekening Tabungan Monas Pelajar Bank DKI.

Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi mengatakan, dana hibah tersebut terdiri dari pemberian bantuan biaya pendidikan dalam bentuk beasiswa kepada 2.858 orang mahasiswa/mahasiswi.

“Untuk penerima bantuan dari perguruan tinggi swasta (PTS) berjumlah 2.389 orang dan perguruan tinggi negeri (PTN) sebanyak 469 orang. Penerima bantuan beasiswa tersebut berasal dari 194 perguruan tinggi terdiri dari 184 PTS dan 10 PTN,” ujarnya, Senin (6/12).

Menurutnya, penerima manfaat akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan dengan nominal Rp 4,06 juta per orang per tahun. Rinciannya sebanyak 1.001 mahasiswa/mahasiswi penerima lanjutan dan 1.857 orang lainnya menjadi penerima baru.

“Total dan keseluruhan mencapai Rp 11,60 miliar. Para penerima bantuan dana pendidikan ini memiliki IPK di atas 3,” terangnya.

Babay menjelaskan, Bank DKI juga turut menyalurkan pemberian bantuan penulisan skripsi/tugas akhir kepada 400 mahasiswa/mahasiswi sebesar Rp 2.000.000 per orang per tahun dengan jumlah dana keseluruhan sebesar Rp 800.000.000.

“Ada juga pemberian bantuan biaya pendidikan yang bersifat stimulan kepada warga Jakarta yang membutuhkan,” terangnya.

Ia menambahkan, penerima beasiswa yang sudah mengaitkan rekening Monas Pelajar dengan JakOne Mobile dapat melakukan cek saldo tanpa harus ke ATM Bank DKI.

“Penerima beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta pun dapat menikmati kemudahan berbagai transaksi perbankan melalui JakOne Mobile,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain menyalurkan bantuan beasiswa dari Yayasan Beasiswa Jakarta, Bank DKI juga menyalurkan bantuan pendidikan melalui Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) kepada 11.812 mahasiswa/mahasiswi di tahun 2021. Penerima KJMU berasal dari 13 PTN dan 10 PTS berakreditasi A sebesar Rp 9.000.000 juta per semester.

Bank DKI juga memfasilitasi Gerakan Link & Match perusahaan dengan penerima beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta dan KJMU dengan berbagai program seperti Magang, Bimbingan Skripsi, Webinar atau pelatihan hingga seleksi penerimaan pegawai. (hop)