Kastara.ID, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menaikkan status pintu air Manggarai dimana kenaikan tinggi muka air yang disebabkan hujan deras yang menggujur Jakarta dan sekitarnya, pada Sabtu (6/2) malam sampai Ahad (7/2) dini hari.

BPBD memberikan imbauan melalui akun Twitter resmi mereka @BPBDJakarta. BPBD menaikkan status pintu air Manggarai menjadi Siaga 3 menyusul tinggi muka air (TMA) yang mencapai level 760 cm pada pukul 01.30 WIB.

Adapun tinggi muka air ini naik dari 740 cm pada pukul 01.00 WIB dan 610 cm pada pukul 00.00 WIB.

Kemudian BPBD Jakarta menerangkan bahwa sejumlah wilayah yang mungkin terdampak, antara lain Gondangdia, Grogol, Kalianyar, Palmerah, Karet Tengsin, Kwitang, Kota Bambu Selatan, dan Kota Bambu Utara.

Berikutnya wilayah Menteng, Petamburan, Tomang, dan Kebon Sirih juga diperkirakan terdampak oleh kenaikan tinggi muka air tersebut.

BPBD memastikan pihaknya telah melakukan langkah antisipasi, termasuk penyebaran informasi melalui media sosial. Selain itu, mereka juga menginformasikan kepada Lurah dan Camat daerah yang mungkin terdampak.

Sebelumnya, BPBD mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Ibukota.

Mereka memperkirakan potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada dini hari sampai menjelang pagi. (hop)