Kastara.ID, Birmingham – Setelah kekalahan Anthony Sinisuka Ginting, kini Indonesia harus kehilangan andalan di ganda putra lewat kekalahan pasangan unggulan pertama, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di babak pertama All England 2019. Kevin/Marcus dikalahkan Zhang Nan/Liu Cheng (Tiongkok) dengan skor 19-21, 22-20, 17-21.

Penampilan Kevin/Marcus memang tak seperti biasanya. Kedua pemain ini sering berada di bawah tekanan Zhang/Liu. Setelah menelan kekalahan di game pertama, pasangan rangking satu dunia tersebut kehilangan satu poin pertama di game kedua, buah dari kartu merah yang diberikan wasit kepada Marcus. Ia dianggap terlambat kembali ke lapangan setelah rehat 20 detik.

“Nggak tahu juga kenapa, katanya telat masuk lapangan, padahal barengan (dengan lawan). Pasti ada pengaruhnya, lumayan lawan dapat satu poin,” ujar Marcus soal kartu merah.

Kevin/Marcus yang merupakan juara All England dua kali pada tahun 2017 dan 2018, tahun ini sebetulnya berpeluang untuk mencetak hat-trick. 

“Hari ini saya tampil kurang baik, lawan lebih siap dari kami. Soal beban pasti ada, cuma ya nggak terlalu siap ke sini, persiapan memang kurang,” tambah Marcus. 

“Soal lawan, nggak ada perubahan terlalu banyak, kurang lebih permainan mereka sama seperti itu. Masih banyak yang perlu ditingkatkan dari kami,” kata Kevin.

Dengan kekalahan Kevin/Marcus, maka sektor ganda putra tinggal menyisakan pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sedangkan Berry Angriawan/Hardianto dan Ade Yusuf Santoso/Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira juga belum berhasil melewati babak pertama. (lan)