Categories: Headline

Predikat Nadeshiko, Lingkungan Kerja Ramah Perempuan

Kastara.id, Tokyo – Sebuah pengakuan diterima Nissan Motor Co. Ltd dari Bursa Efek Tokyo berkat upayanya mendukung pekerja perempuan dalam menempati posisi manajer di perusahaan. Predikat itu adalah Nadeshiko, sebutan dari bunga yang melambangkan kekuatan dan pemberdayaan perempuan di Jepang. Pengakuan ini merupakan bagian dari upaya bersama Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang demi meningkatkan lingkungan kerja yang ramah bagi perempuan.

Bursa Efek Tokyo meyebutkan bahwa Nissan mempromosikan partisipasi aktif karyawan perempuan sebagai bagian dari strategi manajemen perusahaan. Upaya ini mencakup lokakarya pengembangan karir, pelatihan pengembangan keterampilan, dan program mentoring bagi karyawan perempuan. Penghargaan ini diterima Nissan Motor Co. Ltd selama lima tahun berturut turut sejak tahun 2004 yang naik 1,6%, kemudian 9,1% pada April 2016 dengan menempatkan karyawan perempuan Nissan Jepang berada di level manajer.

Sebagai pelopor reformasi lingkungan kerja di industri otomotif, Nissan juga membantu karyawan meningkatkan keseimbangan antara kehidupan di kantor dan di rumah. Seperti di tahun 2015 Nissan Motor Co. Ltd memulai program ‘Happy 8’ yang mendorong karyawan Nissan di Jepang untuk bekerja delapan jam sehari. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kesehatan karyawan, dan kualitas waktu di tempat kerja ataupun di rumah.

Nissan Motor Indonesia (NMI) saat ini juga menempatkan 11% karyawan perempuan menempati posisi manajer. Selain itu NMI juga memberikan perhatian akan keseimbangan waktu kerja karyawan di kantor dan di rumah. “Sejak 2016 kami memiliki program yang ditujukan bagi karyawan non pabrik yaitu ‘Flexi Time’ yang menganjurkan karyawan untuk bekerja lebih efektif selama 8 jam. ‘Work Anywhere’ yang memudahkan karyawan untuk menyeimbangkan kehidupan di kantor dengan pribadi, serta ‘Casual Day’ yang memperbolehkan karyawan menggunakan baju kasual di kantor,” kata Head Communication NMI Hana Maharani. (koes)

 

Leave a Comment

Recent Posts

Program KDS Pendidikan Untuk Warga Yang ber KTP Depok

Kastara.Id,Depok - Program Pemerintah Kota Depok melalui Kartu Depok Sejahtera (KDS) bukan untuk satu golongan,…

Imam – Ririn Pilkada Depok 2024 Sudah Mantap 99 Persen

Kastara.Id,Depok - Koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Golkar Depok resmi mengusung Imam Budi…

KBBI Wadah Untuk Jaring Aspirasi Warga Kota Depok

Kastara.Id,Depok - Program Nyentil Imam merupakan wadah menjaring aspirasi dan masukan untuk warga Depok yang…

Yuks, merapat ke NASGOR BABE Alfie di Kota Depok

Kastara.Id.Depok - NasGor Kambing, Sapi, Ayam dan NasGor Singapore (seafood),  Tongseng Kambing/Sapi  dan Sop Iga.…

Eko Patrio Layak Jadi Menteri Komunikasi dan Informatika

Kastara.ID, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan mengatakan, Eko Patrio menjadi…

Supian Suri Menyanggupi Mengenai Kesiapannya Menjadi kader Partai Gerindra

Kastara.Id,Depok - Dewan Pimpinan Cabang Gerindra Kota Depok sudah sepakat untuk  membawa satu nama ke…