Bandara Soekarno-Hatta

Kastara.ID, Jakarta – Satu dari 85 warga negara asing (WNA) asal China yang baru datang di Indonesia dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui setelah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan tes Covid-19 ulang terhadap 85 WNA China dan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang pada Selasa (4/5) lalu tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih saat memberikan keterangan, Jumat (7/5) mengatakan, hasil tes ulang tahap pertama di Indonesia membuktikan satu WNA China positif Covid-19. WNA China yang berinisial HLY itu semula menjalani karantina di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Jakarta Barat.

Benget menambahkan, setelah dinyatakan positif HLY kini dipindahkan ke Hotel Hariston, Jakarta Utara, guna menjalani perawatan dan isolasi. Sedangkan 84 WNA China dan 3 WNI menurut Banget dinyatakan negatif. Meski demikian para WNA yang dinyatakan negatif tetap harus menjalani karantina selama 10 hari di hotel yang telah direkomendasikan Satgas Covid-19.

Sedangkan tiga WNI lainnya menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Utara.

Benget menjelaskan, WNA yang positif Covid-19 memiliki Cycle Threshold (CT) di ambang bawah ketentuan, yakni kurang dari 30. Selanjutnya WNA tersebut akan menjalani pemeriksaan dengan metode pencarian strain virus baru Whole Genome Sequencing (WGS).

Sebelumnya Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi, Kemenkumham Arya Pradhana Anggakara dalam keterangannya (6/5) mengakui kehadiran WNA China. Arya merinci, terdapat 85 WNA China dan 3 warga negara Indonesia (WNI). Mereka tiba pada Selasa (4/5), pukul 14.55 WIB di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta. Para WNA China itu datang menggunakan pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ8353. Pesawat carteran itu terbang dari Shenzhen, China.

Arya menegaskan, kehadiran WNA China sudah sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Permenkumham Nomor 26 Tahun 2020. Selain itu para WNA China menurut Arya, sudah melakukan pemeriksaan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Meski demikian, Arya tidak bisa memastikan ke mana tujuan kehadiran para WNA China itu. (ant)