Pejabat Kemendag

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita diketahui telah mengganti pejebat eselon I di lingkungan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Sebanyak tujuh orang pejabat setingkat direktur jenderal (dirjen) baru telah dilantik Enggar, panggilan Enggartiasto.

Posisi yang dirombak Enggar adalah Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Direktur Perdagangan Luar Negeri, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), serta Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional.

Enggar mengatakan, perombakan pejabat eselon I dilakukan guna memenuhi proporsi yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas kementerian.

Pejabat eselon I menurut politisi Partai Nasdem ini harus berani mengambil risiko. Selain itu keputusan yang diambil harus tepat dan cepat demi kelangsungan perekonomian negara.

Enggar yakin pejabat baru mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam membangun negara dan melayani masyarakat.

Keputusan ini terlihat aneh lantaran sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melarang semua menteri membuat keputusan penting, termasuk merombak jabatan-jabatan penting di kementerian dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Kepala Staf Kepersidenan Moeldoko mengatakan Presiden telah meminta para menteri tidak membuat kebijakan strategis hingga Oktober 2019.

Moeldoko menambahkan, perintah presiden tersebut disampaikan saat rapat kabinet, Senin (5/8) di Istana Negara. Mantan Panglima TNI ini menyebut Jokowi tidak ingin di periode kedua kepemimpinannya ada beban sebagai akibat perombakan pejabat kementerian dan BUMN. (rya)