Afrika Tengah
Kastara.ID, Jakarta – Polri mengirimkan 140 personelnya dalam rangka menyelesaikan misi perdamaian di Bangui, Afrika Tengah. 140 personel tersebut tergabung dalam 1 Kontingen, yakni Kontingen Garuda Bhayangkara FPU 4 Minusca, yang terdiri dari 25 polisi wanita (polwan) dan 115 polisi laki-laki.

“Kami adalah kontingen FPU 4 Minusca yang rencananya kami akan berangkat pada tanggal 18 September menuju Bangui ke Afrika Tengah,” ujar Kasatgas FPU 4 Minusca, AKBP Wahid Kurniawan di Lapangan Bhayangkara (6/8/2022).

Seluruh personel nantinya akan menjalankan tugas pemeliharaan perdamaian dalan misi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) selama satu tahun.

“Di sana kami akan melaksanakan tugas sebagai peacekeeper, pasukan penjaga perdamaian, yang rencananya akan kami laksanakan tugas selama kurang lebih 1 tahun,” paparnya.

“Masing-masing kontingen memiliki kemampuan sebagai pasukan taktis, kemudian sebagai driver, baik itu kendaraan taktis maupun kendaraan ringan,” tambahnya.

Selain menjalankan misi perdamaian, Satgas FPU 4 Minusca juga memiliki misi lainnya, seperti pendidikan dan perlindungan.

“Kami di sana ada misi, pertama adalah misi perdamaian. Kemudian misi pendidikan. Kemudian misi kebudayaan dan misi terakhir adalah misi penjagaan wilayah properti UN, baik itu properti yang dimiliki UN secara mobile ataupun statis. Dan terakhir kita melaksanakan kegiatan perlindungan perempuan dan perlindungan anak-anak,” jelasnya.

Wahid menuturkan, keberangkatan kontingen ke-4 ini untuk menggantikan kontingen sebelumnya yang berada di Bangui.

“Ini adalah pasukan Kontingen yang ke-4. Sebelumnya sudah ada dimulai, ada 3 Kontingen yang sudah berangkat ke sana. Dan rencananya kami disini akan mengaplus FPU 3 Minusca. Ini adalah kami yang ke-4. Kontingen yang ke-4,” tandasnya. (har)