Mark Rutte

Kastara.ID, Bogor – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Belanda, Mark Rutte. Pertemuan direncanakan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10).

Informasi resmi dari Kementerian Luar Negeri, pertemuan keduanya bertujuan untuk membahas kerja sama strategis RI-Belanda berdasarkan prinsip kemitraan komprehensif.

Kedatangan Rutte didampingi oleh Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.

Kunjungan Rutte ke Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan ke Asia Tenggara dan Pasifik. Setelah dari Indonesia, Rutte akan terbang ke Selandia Baru dan Australia.

Tak hanya bertemu Jokowi, selama di Indonesia Rutte juga akan menemui kalangan bisnis, pelajar, akademisi, dan alumni perguruan tinggi Belanda, di Jakarta.

Kunjungan sebelumnya ke Indonesia November 2016, Rutte membawa 200 pengusaha negeri kincir angin sebagai simbol pengembalian 1.500 artefak ke Indonesia. (rya)