Rumah ZIS

Kastara.ID, Jakarta – Senyum bahagia dan senang tergambar jelas pada air muka Yasin (72) ketika Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar melakukan serah terima kunci rumahnya yang baru selesai direhab (6/10).

“Alhamdulillah, saya sangat senang dan berterima kasih kepada Pemprov DKI dan Baznas Bazis Jakarta Timur yang telah selesai merehab rumah ini,” ujar warga RT 07/02, Pinang Ranti, Makasar tersebut (6/10).

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, hari ini pihaknya beserta jajaran kelurahan/kecamatan, Baznas Bazis Jakarta Timur, RT/RW, LMK, FKDM melakukan serah terima kunci dua rumah warga yang sudah selesai direhab.

“Dana rehab rumah yang dikumpulkan oleh Baznas Bazis Jakarta Timur ini berasal dari warga dan akan dikembalikan lagi ke warga yang kurang mampu,” ujarnya.

Sementara Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur Aminnudin menjelaskan, dua rumah yang baru selesai dibedah masing-masing milik Yasin (72) warga Jalan Pinang Ranti No.15 RT 07/02 dan rumah milik Sarbinih (52) warga Jalan Pintu II TMII RT 15 /03 Pinang Ranti.

Kegiatan bedah rumah ini menggunankan dana ZIS tahun 2020 dengan anggaran masing-maaing Rp 50 juta. Sebelum direhab, masing-masing pemilik rumah diberikan dana untuk mengontrak rumah selama proses rehab sebesar Rp 500 ribu.

“Rehab rumah ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian kepada warga yang kurang mampu. Harapannya, pemilik bisa merawat dan menjaga rumahnya dengan baik,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk tahun 2020 ini pihaknya menargetkan akan merehab 140 rumah dan 105 rumah di antaranya telah selesai direhab.

“Sisanya 35 rumah sedang proses perbaikan dan verifikasi berkas administrasi,” tandasnya. (hop)