Headline

Kanker Nasofaring, Penyakit yang Menyerang Ustadz Arifin Ilham

Kastara.ID, Jakarta – Masyarakat dikejutkan dengan kabar sakitnya penceramah Ustadz Arifin Ilham. Pimpinan Yayasan Pesantren Adz-Dzikra, Sentul, Bogor ini dirawat di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta sejak Senin (7/1). Meski belum diketahui sakit apa, namun banyak pihak mengatakan Ustad Arifin Ilham terserang kanker nasofaring.

Apakah kanker nasofaring itu? 

Kanker nasofaring adalah jenis kanker yang menyerang area nasofaring, yaitu area bagian atas tenggorokan, di belakang hidung. Ketika kita bernafas melalui hidung, udara akan masuk melalui hidung ke tenggorokan dan nasofaring, lalu masuk ke paru-paru.

Penyakit ini tergolong langka. American Cancer Society menyebut penyakit ini hanya satu dari 100 ribu kasus per tahun di dunia. Umumnya terjadi di Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab kanker nasofaring. Namun kanker nasofaring berkaitan erat dengan virus Epstein-Barr. Meski tidak semua orang yang menderita infeksi virus Epstein-Barr akan mengalami kanker nasofaring. Pasalnya hingga kini para ahli masih meneliti kaitan antara virus Epstein-Barr dengan kanker nasofaring.

Kanker nasofaring ditandai dengan gejala seperti adanya benjolan di leher. Inilah gejala yang paling sering terjadi. Selain itu penglihatan menjad buram dan disertai infeksi telinga berulang dan nyeri kepala terutama area wajah.

Kanker nasofaring juga ditandai dengan berkurangnya pendengaran, tinnitus atau telinga berdenging dan terasa penuh. Selanjutnya seseorang yang terindikasi terkena kanker nasofaring akan mengalami kesulitan membuka mulut, mimisan, hidung terasa penuh, dan sakit tenggorokan hingga sulit menelan.

Meski belum tentu terkena kanker nasofaring, tapi jika mengalami gejala-gejela tersebut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Belajar dari apa yang dialami Ustadz Arifin Ilham, maka deteksi dan pemeriksaan dini sangat penting untuk mencegah komplikasi dan penyebaran kanker lebih lanjut. (put)

Leave a Comment

Recent Posts

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…