Banjir

Kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah meninjau posko pengungsi banjir di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Pancoran yang berlokasi di Jalan Pengadegan Timur 1, Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu, Saefullah mengapresiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang telah tanggap dan cepat dalam melakukan penggantian dokumen dasar kependudukan bagi warga terdampak banjir di Ibukota.

“Kami atas nama Pemprov DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas respons cepat penggantian dokumen dasar kependudukan warga yang terkena dampak banjir,” ujarnya di lokasi, Selasa (7/1).

Saefullah menjelaskan, penggantian dokumen dasar kependudukan yang dilakukan di lokasi berupa KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Bagi warga terdampak banjir lainnya yang ingin mengganti dokumen kependudukan bisa datang langsung ke kelurahan.

“Ini sangat mudah. Datang saja ke kelurahan. Blangko kita cukup. Dalam hitungan waktu lima menit sudah selesai,” kata Saefullah.

Sementara Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Zudan Arief Fakrulloh menambahkan, selama ini pihaknya telah menginstruksikan kepada kepala dinas, termasuk di wilayah DKI Jakarta untuk bergerak aktif menangani bencana.

“Pascabencana kami langsung aktif mendata dan mengganti dokumen yang hilang maupun rusak dengan gratis,” tandasnya. (hop)