Depok

Kastara.ID, Depok – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Depok kembali memperbarui perkembangan kasus Covid-19 berdasarkan wilayah. Dari total 63 kelurahan, akumulasi kasus aktif Covid-19 per 7 Februari 2022 tercatat sebanyak 13.853 kasus.

Dalam data tersebut juga mencatatkan Kelurahan Duren Seribu dengan kasus aktif terendah yakni 37 kasus. Sementara ada 11 kelurahan dengan kasus aktif di bawah 100 kasus.

Yaitu Kelurahan Leuwinanggung 65 kasus, Cimpaeun 66 kasus, Bojongsari 67 kasus, serta Bojongsari Baru dan Duren Mekar dengan 73 kasus. Lalu Kelurahan Cipayung Jaya dan Sawangan Baru masing-masing 75 kasus, Kedaung 77 kasus, Tapos 84 kasus, serta 92 kasus di Kelurahan Cisalak dan Beji Timur.

Kemudian terdapat tiga kelurahan dengan kasus aktif di atas 450 kasus. Yaitu Kelurahan Mekar Jaya 472 kasus, Bakti Jaya 480 kasus, serta Tugu dengan 809 kasus.

Dalam upaya menekan kasus Covid-19, Pemkot Depok mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) melalui 5M Plus 1D. Yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumuman, serta Membatasi mobilitas. Kemudian, ditambahkan dengan D yaitu Divaksin. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang belum divaksin Covid-19 agar segera melakukan vaksinasi sesuai dengan arahan pemerintah.

Bagi masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama berpartisipasi aktif untuk mendapatkan dosis kedua dan booster.

Selain itu, Pemkot Depok juga meminta masyarakat untuk menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup. Serta menghindari makan bersama di tengah lonjakan kasus Covid-19. (dha)